Arti Senyum Bayi

Yatin Suleha    •    Jumat, 14 Oct 2016 07:00 WIB
tumbuh kembang bayi
Arti Senyum Bayi
Hal yang ingin disampaikan oleh bayi melalui senyum sosialnya adalah, bahwa ia senang karena merasakan cinta dari ayah dan ibunya.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bila kita menjumpai bayi yang sedang tersenyum, tentu saja hal tersebut menyenangkan. Namun, apakah Anda tahu, senyum bayi memiliki arti tersendiri?

Menurut Jovita Maria Ferliana, M.Psi, psikolog anak dan keluarga dari RS Royal Taruma, Jakarta mengatakan bahwa senyum pada bayi merupakan senyum refleks. "Ketika bayi baru lahir tersenyum di awal-awal kehidupannya, bisa jadi senyumannya itu merupakan senyum refleks. Karena bayi baru lahir belum mampu memberikan senyum sosial," ujar psikolog yang ramah ini.

(Baca juga: Momen Perkembangan Bayi yang Menggemaskan)

Bagaimana membedakannya?  
Jovita memberikan keterangan tentang membedakan arti senyum pada bayi.

•Senyum refleks 
Dipengaruhi oleh gerak refleks, yang memang masih mendominasi gerak bayi baru. Refleks adalah gerakan otomatis dan spesifik yang timbul karena adanya rangsangan dari luar. 

Gerak refleks inilah yang menjadi bekal untuk membantu bayi menjalani kehidupan barunya, sebelum ia mempunyai keterampilan untuk mengatur gerakan-gerakan tubuhnya. 

Artinya, senyum manis itu tersungging untuk menarik perhatian orang di sekitarnya agar bayi tetap merasa aman.

Cirinya, muncul sejak lahir sampai kurang lebih usia 2 bulan. Dan senyum itu sekilas dan spontan, bahkan bisa terjadi saat tidur.


•Senyum sosial alias senyum yang sebenarnya
Kemampuan tersenyum ini menandakan bayi telah beranjak menjadi makhluk sosial yang mampu berkomunikasi dengan orang lain.

Cirinya, umumnya muncul di usia 6-8 minggu. Namun jangan khawatir bila senyum sosial pertamanya ini baru muncul di usia 12 minggu.

Selain itu senyuman lebih lama bisa terjadi, kadang-kadang disertai ekspresi wajah dan mata yang tertuju pada orang yang ada di hadapannya atau sesuatu yang menarik perhatiannya.
 
Hal yang ingin disampaikan oleh bayi melalui senyum sosialnya adalah, bahwa ia senang karena merasakan cinta dari ayah dan ibunya. Senyum sosial ini merupakan ajakan dari bayi agar ibu membalas senyumannya dengan reaksi lanjutan yang menyenangkan, misalnya mengajaknya bercanda, berbicara, menyanyikan lagu atau bertanya padanya.









(TIN)