5 Tanda Aneh Tubuh Anda Mengalami Dehidrasi

Torie Natalova    •    Sabtu, 05 Nov 2016 21:42 WIB
kesehatan
5 Tanda Aneh Tubuh Anda Mengalami Dehidrasi
5 Tanda Aneh Tubuh Anda Mengalami Dehidrasi (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin mengetahui bahwa salah satu tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi adalah air kencing yang berwarna kuning pekat. Selain itu, dehidrasi juga sering membuat Anda kehausan dan mulut kering.

Tubuh Anda memmbutuhkan air dan cairan lain untuk berfungsi secara normal. Jika Anda dehidrasi, beberapa proses dalam tubuh tidak bisa berfungsi normal," kata Jennifer Wider, pakar kesehatan wanita.

Dehidrasi berat dapat mengakibatkan penyakit serius seperti stroke atau kelelahan, kejang dan dalam kasus yang ekstrim adalah kematian. Sayangnya, sebagian dari Anda tidak minum air putih sebanyak yang dianjurkan yakni 8-9 gelas per hari.

Selain merasa haus, mulut kering dan warna air kencing yang kuning pekat, gejala di bawah ini merupakan tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi.

1. Bau mulut
Ini mungkin terdengar aneh. Tapi, saliva atau air liur memiliki sifat antibakteri. Jika Anda dehidrasi, kadar air liur Anda turun dan begitu pula kemampuan mulut Anda untuk melawan kuman penyebab bau mulut. Jika tiba-tiba mulut Anda bau tanpa sebab, cobalah perbanyak minum air.

2. Merasa bingung
Merasa bingung bisa jadi pertanda beberapa hal. Tapi, jika Anda tidak banyak minum air hari ini, ini bisa jadi pertanda Anda mengalami dehidrasi. Ini biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba, kecuali Anda berkeringat sangat banyak dalam sehari.

3. Tiba-tiba ngidam makanan
Hati Anda membutuhkan air untuk berfungsi baik. Ketika hati tidak mendapatkan asupan cairan, ini akan memberi sinyal ke otak Anda bahwa tubuh membutuhkan energi. Tak hanya merasa kehausan, dehidrasi juga bisa menyebabkan Anda kelaparan dan menginginkan makanan tertentu.

4. Kulit Anda tidak elastis
Dehidrasi menurunkan elastisitas pada kulit Anda. Ini berarti dehidrasi membuat kulit kering, sehingga tidak adanya kelembapan kulit yang cukup dapat membuat kulit Anda kehilangan elastisitas.

5. Anda berhenti berkeringat
Tidak keringatan mungkin saja pertanda Anda sudah tidak lagi mengalami dehidrasi. Namun, menurut Medical Director Emergency Department di New Jersey, Anthony J. Brutico, kondisi tersebut bisa jadi pertanda Anda mengalami serangan panas atau heat stroke.

Ini bisa terjadi karena volume cairan yang sangat rendah pada tubuh sehingga membuatnya mencoba untuk berpegangan pada apa yang Anda miliki. Jika ini terjadi, Anda harus segera menemui dokter. Selain itu, kondisi yang perlu dikhawatirkan adalah jika Anda bertingkah seperti bukan diri sendiri, merasa akan pingsan atau pingsan.

Meskipun Anda mengalami gejala yang ringan, sebaiknya segera beri asupan cairan dalam tubuh. Vieder merekomendasikan memiliki temperatur suhu kamar dan perbanyak minum air atau minuman olahraga dengan elektrolit. Hindari minum soda, karena soda justru bisa membuat Anda merasa terus kehausan.

 


(ELG)