Lidah Buaya Efektif Sembuhkan Kulit dari Sunburn

Raka Lestari    •    Minggu, 24 Jun 2018 16:05 WIB
tips kesehatan
Lidah Buaya Efektif Sembuhkan Kulit dari Sunburn
(Foto: NDTV)

Jakarta: Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa mengakibatkan sunburn, rasa terbakar di area kulit. Dalam mengatasinya, lidah buaya disebut-sebut merupakan obat terbaik.

Menurut Fakultas Kedokteran dari University of Arkansas, gel lidah buaya dapat memberi efek mendinginkan.

Dikutip dari Romper, kemampuan tanaman lidah buaya untuk mengobati luka bakar didukung juga oleh beberapa penelitian. Misalnya, lidah buaya ditemukan untuk mengobati luka bakar tingkat dua lebih efektif daripada krim sulfadiazin perak, menurut sebuah studi 2009 di Surgery Today.

Karena mengandung antioksidan, antibakteri, antijamur, dan sifat penyembuhan luka, gel lidah buaya juga sedang diteliti untuk penggunaan medis. Bahkan, lidah buaya direkomendasikan sebagai pengobatan sengatan matahari dibandingkan dengan pengobatan dengan obat-obatan kimia oleh American Academy of Dermatology.

"Kandungan bahan kimia dalam pengobatan sunburn yang djual di toko-toko cenderung memiliki konsistensi yang kaya dan tebal yang mengandung minyak, yang dapat memperburuk luka bakar akibat sengatan matahari," ujar seorang ahli perawatan kulit, Michaella Bolder kepada The Independent.





 


(DEV)