Bahaya Menggunakan Kondom Berulang

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 03 Aug 2018 18:15 WIB
seks dan kesehatan
Bahaya Menggunakan Kondom Berulang
Pusat Pengontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) baru-baru ini memberikan cuitan dalam Twitter seputar penggunaan kondom. (Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)

Jakarta: Pusat Pengontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) baru-baru ini memberikan cuitan dalam Twitter, "Kami mengatakannya karena orang-orang mengatakannya: Jangan mencuci atau menggunakan ulang #kondom! Gunakan yang baru untuk setiap aktivitas #seks."

Cuitan tersebut didukung oleh data dari sebuah studi tahun 2012 yang dipublikasi dalam Sexual Health, yang menemukan bahwa 1,4 hingga 3,3 persen responden menggunakan ulang kondom minimal dua kali. 

Penggunaan ulang kondom sendiri dapat menurunkan fungsi alat tersebut, termasuk efektivitas, perlindungan dari penyakit menular seksual (PMS), dan kehamilan. 

"Kondom didesain untuk digunakan satu kali. Kondom yang sudah dipakai akan lebih lemah dan cenderung mudah robek, pecah atau bocor," pungkas Bekki Burbidge, wakil kepala eksekutif di badan amal kesehatan seksual FPA.

(Baca juga: Benarkah Kondom Mengurangi Sensasi Bercinta?)

Ia melanjutkan, mencuci kondom tidak akan menghilangkan semua bakteri, cairan tubuh, atau benda lain yang dapat menyebabkan infeksi. Bahkan, beberapa produk pembersih dapat merusak kondom, mengiritasi alat kelamin, dan menyebabkan infeksi. 


(Mencuci kondom tidak akan menghilangkan semua bakteri, cairan tubuh, atau benda lain yang dapat menyebabkan infeksi. Foto: Ryan Holloway/Unsplash.com)

"Kondom eksternal dirancang untuk membuka gulungan penis dengan cepat dan mudah. Setelah kondom dibuka, akan jauh lebih sulit untuk mengembalikannya ke penis dan dapat merusak kondom dalam prosesnya."

Sementara itu, dental dam (barier) mungkin tidak mudah robek, mencucinya untuk digunakan kembali berarti Anda meletakkan bakteri yang bersentuhan dengan mulut dan alat kelamin yang dapat menyebabkan iritasi, dan sekali lagi meningkatkan risiko infeksi.

"Kondom dan dam tidak boleh digunakan lebih dari sekali, karena alasan apa pun. Menggunakan kembali kondom dan dam meningkatkan risiko infeksi menular seksual dan membuat kondom kurang efektif dalam mencegah kehamilan.

"Selalu gunakan kondom baru setiap kali Anda melakukan hubungan seks."

Mencucinya untuk digunakan kembali berarti Anda meletakkan bakteri yang bersentuhan dengan mulut dan alat kelamin yang dapat menyebabkan iritasi, dan, sekali lagi, meningkatkan risiko infeksi.





(TIN)