Studi: Sifat Narsis Berkaitan dengan Kecerdasan

Raka Lestari    •    Minggu, 01 Jul 2018 15:31 WIB
studi kesehatan
Studi: Sifat Narsis Berkaitan dengan Kecerdasan
(Foto: Huffington Post)

Jakarta: Narsis hampir selalu berkaitan dengan hal yang menyebalkan karena nyaris setiap orang narsis selalu membanggakan diri sendiri.

Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa narsis juga berkaitan dengan kecerdasan.

School of Psychology di Queen's University Belfast melakukan penelitian terhadap 340 siswa yang bertujuan untuk menemukan korelasi antara prestasi di sekolah, narsisme, dan ketangguhan para siswa dalam menghadapi tantangan.

Dari penelitian ditemukan bahwa mereka yang mendapat nilai tinggi pada tes narsisme ternyata cenderung memiliki prestasi lebih baik di sekolah.

"Narsisme dianggap sebagai sifat yang secara sosial jahat dan sering dianggap negatif. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa narsisisme adalah tren yang berkembang di masyarakat kita tetapi ini tidak berarti bahwa seorang individu yang menampilkan kualitas narsistik tinggi memiliki gangguan kepribadian," ujar Dr Kostas Papageorgiou, direktur laboratorium InteRRaCt di School of Psychology di Queen's University Belfast, dilansir dari Elite Daily.

Dengan kata lain, meskipun banyak orang yang menganggap bahwa sifat narsisme sering dihubungkan dengan perilaku yang negatif, ini sudah menjadi salah satu sifat yang umum dilakukan oleh individu dan mungkin tidak selalu berdampak negatif bagi seseorang.



 


(DEV)