Apakah Perasaan Kesepian Dapat Menular?

Raka Lestari    •    Senin, 28 May 2018 08:31 WIB
psikologi
Apakah Perasaan Kesepian Dapat Menular?
Dikutip dari Elitedaily.com generasi milenial mungkin merupakan kelompok usia yang paling merasa kesepian selama ini. (Foto: Matthew Henry/Unsplash.com)

Jakarta: Di zaman yang serba modern ini tingkat kesepian dan depresi tampaknya dapat semakin bertambah besar setiap harinya.

Dikutip dari Elitedaily.com generasi milenial mungkin merupakan kelompok usia yang paling merasa kesepian selama ini. Untuk itu, sangat penting untuk memiliki koneksi positif dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. 

Jadi ketika Anda menemukan diri Anda dikelilingi oleh hal-hal negatif, coba terapkan beberapa hal di bawah ini untuk menjaga kesehatan emosional Anda tetap utuh.

1. Jangan terlalu ikut campur dengan masalah orang lain
Menurut psikoterapis Lisa Hutchison LMHC, "Orang-orang yang peduli dan penuh kasih sayang cenderung terlalu banyak memiliki tanggung jawab." Meskipun memang penting untuk memberikan bantuan terhadap teman-teman Anda, penting juga untuk tidak terlalu memaksakan diri atau malah mengambil alih masalah mereka. 

2. Menerapkan batasan-batasan 
Menurut pelatih gaya hidup, Klay Williams, sangat penting untuk menerapkan batasan-batasan terhadap diri Anda. Terutama dalam hal memberikan bantuan kepada orang lain. Anda tetap harus memperhatikan diri Anda terlebih dahulu sebelum mencoba untuk membantu orang lain. 


(Menurut Emily Mendez, M.S., EdS, dari OnTheWagon, jika Anda terus-menerus menghabiskan waktu dengan orang-orang yang negatif, itu pasti dapat memengaruhi pandangan Anda tentang kehidupan. Foto: Mag Pole/Unsplash.com)

(Baca juga: 6 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Mental)

3. Kurangi berbicara hal yang negatif
Menurut Williams, ketika mendengarkan seseorang berbicara mengenai masalahnya sangat penting untuk Anda mendengarkannya. Namun, jika sudah terlalu larut dalam percakapan yang sangat negatif tersebut, Anda bisa mengubah percakapan dengan membicarakan hal-hal yang lebih positif. 

4. Memberikan contoh 
"Perilaku negatif terkadang merupakan sesuatu yang bisa dipelajari, dan bahwa apa yang dpikirkan tidaklah selalu benar," ujar William.

Berusaha bersikap positif bisa jadi dapat memiliki pengaruh yang sangat besar pada orang-orang di sekitar Anda dan bagaimana perasaan mereka tentang diri mereka sendiri dan itu bisa menjadi sangat menyenangkan. 

5. Menghabiskan waktu dengan orang yang berpikiran positif
Menurut Emily Mendez, M.S., EdS, dari OnTheWagon, jika Anda terus-menerus menghabiskan waktu dengan orang-orang yang negatif, itu pasti dapat memengaruhi pandangan Anda tentang kehidupan.

"Yang terbaik adalah mencoba membatasi waktu dan interaksi Anda dengan orang negatif dan berusahalah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang positif," kata Mendez kepada Elite Daily. 





(TIN)