Empat Hal yang Membuat Makanan Berpotensi Meracuni Anda

Torie Natalova    •    Kamis, 26 Jul 2018 14:31 WIB
tips kesehatan
Empat Hal yang Membuat Makanan Berpotensi Meracuni Anda
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Keracunan dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain makanan yang tidak higienis sehingga memungkinkan bakteri dan parasit masuk ke dalam tubuh. 

Beberapa hal seperti suhu makanan, cara penyiapan, dan penyimpanan makanan juga menjadi faktor yang dapat membuat Anda keracunan. 

Siapapun berisiko mengalami keracunan makanan yang ditandai dengan mual, muntah, dan dehidrasi. 

Apa saja faktor yang membuat makanan dapat menyebabkan keracunan? berikut ulasannya seperti dilansir Prevention

1. Disimpan tidak berada pada suhu yang tepat

Menurut ahli pencernaan Lisa Ganjhu, Anda harus memperhatikan suhu makanan dan menjaga makanan agar tetap panas, atau dingin. Makanan yang mudah basi hanya bertahan 2 jam setelah keluar dari kulkas.

2. Hindari memakai talenan tanpa mencucinya setelah memotong daging mentah

Sebaiknya, setelah memotong daging merah atau ayam di talenan, segera cuci talenan. Jangan memotong sayur atau bahan lain setelah memotong ayam atau daging. Karena cairan dalam daging atau ayam mengandung bakteri dan dapat tercemar ke bahan makanan yang sehat.

3. Hindari minum air keran

Terlebih jika daerah tersebut tidak memiliki air bersih. Selain hindari minum air mentah, hindari juga makan salad sayur atau buah mentah setelah dicuci dari air yang tak bersih.

4. Makanan yang dihangatkan masih dingin

Makanan yang sebelumnya dimasak, kemudian didinginkan dengan benar lalu dipanaskan lagi dapat memicu keracunan jika tidak dipanaskan dengan benar. Karena, makanan itu bisa mengontaminasi bakteri di lemari es semalaman. Masak dengan suhu yang panas.

Lihat video:




(DEV)