Karbohidrat Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi Sehari-hari

Raka Lestari    •    Senin, 30 Jul 2018 12:19 WIB
diet
Karbohidrat Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi Sehari-hari
(Foto: Live Science)

Jakarta: Karbohidrat diperlukan tubuh untuk menghasilkan kalori. Meski demikian, ada beberapa pilihan karbohidrat yang lebih baik dibandingkan sumber karbohidrat lainnya, misalnya karbohidrat kompleks. 

Dilansir dari Foodnetwork, lima makanan ini termasuk jenis karbohidrat yang sehat yang bisa menjadi menu pilihan Anda.

1. Ubi manis

Warna oranye yang pekat pada ubi manis merupakan salah satu pertanda bahwa kandungan karbohidrat di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Ubi manis kaya akan kandungan beta karoten dan vitamin A, yang penting bagi penglihatan dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang lentil dan jenis kacang lainnya mengandung karbohidrat kompleks, serta serat, dan protein. Nutrisi tersebut dapat berguna bagi tubuh, terutama dalam mengisi energi harian Anda.

3. Susu

Susu dan produk olahannya, seperti yogurt dan keju cottage, mengandung laktosa. Susu juga menghasilkan protein dan sodium,  kombinasi dari ketiga komponen ini membuatnya menjadi minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga yang intens.

4. Buah-buahan

Buah-buahan adalah cara terbaik untuk memuaskan keinginan Anda terhadap makanan-makanan manis. Rasa manis pada buah karena kandungan fruktosa
yang diimbangi dengan serat, air, phytochemical, vitamin, dan mineral. 

5. Popcorn

Popcorn sebenarnya adalah gandum utuh dan kaya akan antioksidan. Namun perlu diingat meskipun sehat, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebih dan usahakan untuk memilih popcorn dengan rasa tawar.

Lihat video:




(DEV)