Cegah Bau Mulut, Hindari Makanan Berikut Saat Sahur

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 04 May 2018 15:02 WIB
puasatips & trik
Cegah Bau Mulut, Hindari Makanan Berikut Saat Sahur
Terkait makanan, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK juga menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gas agar risiko bau mulut menurun. (Foto: Jeff Simon/Unsplash.com)

Jakarta: Bau mulut adalah salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami saat sedang berpuasa. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya. 

"Bau mulut disebabkan oleh pengaruh asam lambung dan kurangnya cairan dalam tubuh," jelas ahli gizi klinis dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK dalam peluncuran kampanye Halodoc #PuasaSehat, Jumat 4 Mei 2018.

Jika seseorang memiliki masalah lambung dan ingin mengatasi bau mulut, dr. Jovita menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga spesialis untuk mendapatkan pilihan terbaik. 

(Baca juga: Cara Menghalau Bau Mulut)


(Jika seseorang memiliki masalah lambung dan ingin mengatasi bau mulut, dr. Jovita menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga spesialis untuk mendapatkan pilihan terbaik. Foto: Kinga Cichewicz/Unsplash.com)

Untuk menghindari hal tersebut, kebutuhan makan yang cukup dan menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi atau memakai penyegar mulut adalah opsi paling dasar. 

Terkait makanan, dr. Jovita juga menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gas agar risiko bau mulut menurun.

"Makanan seperti ubi, sawi, atau kol sebaiknya dihindari saat sahur," pungkasnya.

Selian itu, makanan yang digoreng juga tak disarankan karena memperlambat pengosongan lambung sehingga asam lambung akan cepat naik ke atas dan memicu rasa panas di tenggorokan. 





(TIN)