Komunitas MGP Beri Edukasi Kanker Payudara pada Siswa SMA

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 15 May 2018 14:47 WIB
kanker payudara
Komunitas MGP Beri Edukasi Kanker Payudara pada Siswa SMA
Komunitas MGP Beri Edukasi Kanker Payudara pada Siswa SMA 75 Jakarta (Foto: Sri Yanti N)

Jakarta: Kanker payudara adalah salah satu penyakit tak menular yang menakutkan bagi para wanita. Semakin cepat dideteksi, maka semakin besar peluang pasien untuk bertahan hidup.

Hal inilah yang menjadi cikal bakal munculnya kegiatan Millenials Goes Pink: Mammogram Roadshow, sebuah program awal dari komunitas generasi milenial bernama Muda Giat Peduli (MGP). Program tersebut pertama kali diadakan di Bekasi pada Maret 2018.

Program yang diadakan tiap dua bulan tersebut menyasar sekitar 50 ibu kurang mampu di sebuah perumahan untuk mendapatkan tes mammogram secara gratis.

Bulan ini, MGP Indonesia mendatangi SMA Negeri 75 Jakarta dengan tujuan melakukan tes mammografi pada 20 guru wanita dan edukasi tentang deteksi dini kanker payudara pada 50 siswi.

"Acara ini bertujuan untuk merangkul yang muda-muda agar membuKA telinga dan mata. Kita tak bisa jalan sendiri, harus bersama dalam lakukan sesuatu yang besar," ujar Erick Susanto selaku Sekjen Yayasan MGP Indonesia dalam kata sambutan di SMA Negeri 75 Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

Menurutnya, seminar yang diadakan tersebut memberi dampak positif sehingga anak muda menjadi tahu bahwa menjadi bagian dari penderita penyakit kanker payudara tak mudah.

Senada dengan Erick, Kepala Sekolah SMA Negeri 75 Jakarta juga menyambut baik program tersebut. Menurutnya, pengetahuan akan kesehatan payudara penting.

"Payudara bukan sekedar bagian seksual, tetapi juga berperan dalam membentuk generasi selanjutnya. Lewat payudara, ASI dapat disalurkan pada bayi. Inilah mengapa menjaga payudara tetap sehat penting," paparnya, pada kesempatan yang sama.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa tak hanya diberi edukasi seputar mitos dan fakta kanker payudara, tetapi juga diajari cara melakukan deteksi dini mandiri Periksa Payudara Sendiri (Sadari). Sementara, tes mammogram pada guru akan diadakan setelah masa Lebaran.

Yayasam MGP Indonesia merupakan komunitas yang baru berdiri sejak November 2017 dan bertujuan untuk membantu yayasan lain untuk lebih berkembang melaksanakan visi, terutama bagian kanker.

Program Mammogram Roadshow sendiri merupakan kolaborasi dari bebebapa yayasan seperti MGP, Yyasan Srikandi, dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).


Lihat video:




(DEV)