Bumil dengan Minus Mata Tinggi Tak Bisa Melahirkan Normal?

Karina Yunita    •    Rabu, 31 Aug 2016 16:38 WIB
kesehatan
Bumil dengan Minus Mata Tinggi Tak Bisa Melahirkan Normal?
(Foto: shortindia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perempuan hamil yang memiliki mata minus atau rabun jauh seringkali takut melahirkan secara normal. Ada risiko kebutaan yang konon mengintai akibat lepasnya retina jika mereka memaksa melahirkan melalui persalinan normal.

Namun, kebenaran pendapat tersebut hingga kini masih diperdebatkan.

Awal pendapat tersebut muncul setelah ada beberapa studi yang mengaitkan kebutaan dengan proses kelahiran normal. Pada saat mengejan, ada tekanan yang kuat di area perut, dada, dan mata. Tekanan tersebut yang dikhawatirkan menyebabkan lepasnya retina.

Pada perempuan yang matanya memiliki minus tinggi, hal ini diyakini sangat mungkin terjadi. Sehingga hingga kini mereka disarankan melakukan operasi caesar saat melahirkan.

Namun, seiring waktu, ada studi yang membantah pernyataan tersebut. Studi terbaru menemukan, tidak ada efek samping antara persalinan normal dengan ablasio retina. Tidak ditemukan bukti yang kuat bahwa tekanan yang terjadi ketika mengejan dapat mengganggu retina mata.

Studi yang diterbitkan dalam Graefe's Archieve for Clinical and Experimental Ophthalmology ini menemukan, tidak masalah jika perempuan dengan minus mata ingin melahirkan secara normal.

Namun, bumil disarankan memeriksakan kondisi mata mereka sebelum memutuskan untuk melahirkan secara normal. Dari pemeriksaan, akan terlihat seberapa besar risiko yang mengintai.
 


(DEV)