Minuman Bersoda Bisa Buat Anak Jadi Agresif?

Torie Natalova    •    Senin, 03 Oct 2016 10:48 WIB
studi kesehatan
Minuman Bersoda Bisa Buat Anak Jadi Agresif?
Batasi asupan minuman soda dan gula pada si kecil. (Foto: Readanddigest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minuman bersoda memang disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan sensasi sodanya yang menyegarkan. Namun, sebuah penelitian terbaru dari Columbia University dan Princeton University menemukan keterkaitan antara minuman soda dengan tingkat agresif pada anak.

Penelitian terbaru ini memaksa para orangtua untuk segera menjauhkan anak-anaknya dari mengonsumsi minuman soda. Peneliti menganalisis data dari 2.929 pasangan ibu dan anak. Dari data tersebut ditemukan sebanyak 43 persen anak-anak yang disurvei mengonsumsi minuman soda setidaknya satu porsi per hari. 4 persen dari anak-anak lain minum empat atau lebih porsi sehari.

Data juga menunjukkan bahwa semakin banyak soda yang diminum oleh anak-anak tersebut, mereka semakin menunjukkan tanda-tanda agresi. Misalnya, anak-anak yang minum empat gelas atau lebih soda, dua kali lebih mungkin untuk menghancurkan barang-barang atau terlibat perkelahian dibandingkan anak yang tidak minum soda.

(Baca juga: Cara Menghentikan Kebiasaan Minum Soda pada Anak-anak)

Namun, para peneliti menegaskan data tersebut tidak membuktikan soda bisa menyebabkan anak-anak berperilaku keras atau agresif. "Itu mungkin ada hal lain yang berhubungan dengan perilaku anak dan konsumsi soda yang tidak kami perhitungkan," kata Shakira Sugila, peneliti utama studi Columbia University.

Minuman bersoda sebelumnya sudah diketahui bisa merusak gigi dan kesehatan kardiovaskular. Sejak lama, para dokter sudah memperingatkan untuk membatasi jumlah gula dan kafein pada anak karena zat yang terkandung di dalamnya mempengaruhi proses kimia dalam tubuh.

"Makanan ini dapat memicu pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol. Hormon ini membuat kita gelisah, mudah tersinggung dan cemas. Tentu kita tidak ingin ini terjadi pada anak-anak yang masih muda," kata Dr. Ann Kulze.

Dari hasil penelitian tersebut memperingatkan Anda sebagai orangtua untuk membatasi anak-anak minum soda. Hindari memberikan soda setiap hari. Asupan kafein untuk anak idealnya adalah 45 mg per hari atau setara dengan 12 ons soda.





(TIN)