Botox Bantu Atasi Masalah Buang Air Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 08 Oct 2016 21:16 WIB
kesehatan
Botox Bantu Atasi Masalah Buang Air Kecil
Botox Bantu Atasi Masalah Buang Air Kecil (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa suntik toksin botulinum tipe A atau lebih dikenal Botox dapat membantu mengobati masalah pengontrolan kandung kemih.

Botox memang lebih dikenal untuk mengatasi keriput, namun ternyata obat ini telah mendapat persetujuan dalam hal mengobati beberapa penyakit seperti migrain kronik, keringat berlebih di ketiak, kejang kelopak mata, dan sebagainya.

Botox telah disetujui digunakan di Amerika Serikat untuk mengatasi inkontinensia urin karena memberi pengaruh sebesar 3-17 persen wanita berusia di atas 45 tahun dan 3-11 persen pada pria.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA membandingkan botox dengan sebuah implan bernama InterStim, yang juga dapat mengobati beberapa masalah kesehatan. Hasilnya, Botox menunjukkan khasiat yang lebih baik.

Dalam studi tersebut, Dr. Cindy L. Amundsen dari Duke University School of Medicine dan rekan-rekannya meneliti 381 wanita yang tidak melakukan minimal enam kali masalah kandung kemih selama tiga berturut-turut, yang tidak mempan melakukan pengobatan apapun seperti perubahan pola makan, obat-obatan atau olahraga panggul.

Setelah melakukan percobaan singkat untuk melihat respons mereka, sebanyak 364 wanita melakukan tambahan enam bulan pengobatan.

Hasilnya, mereka yang menerima botox mengalami penurunan inkontinesia sebesar 3,9 dan mereka yang melakukan implan sebesar 3,3. Partisipan yang menerima Botox merasa lebih puas.

"Intinya, kedua pengobatan ini baik dan efektif untuk merilekskan otot kemih yang terlalu aktif, dengan mekanisme yang berbeda," ujar Amundsen.


(ELG)