Sarapan Sehat untuk Redakan Pusing Akibat Mengonsumsi Alkohol

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Oct 2017 13:34 WIB
tips kesehatan
Sarapan Sehat untuk Redakan Pusing Akibat Mengonsumsi Alkohol
Terlalu banyak konsumsi alkohol dapat menyebabkan rasa pusing dan mabuk (Foto: Slimmerfitterstronger)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsumsi alkohol berlebih tak pelak membuat kepala pusing dan tubuh tak nyaman keesokan harinya. Untuk mengatasinya, ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat tubuh kembali bugar.

Menu sarapan ini baik dikonsumsi untuk menetralkan alkohol di dalam darah.

1. Karbohidrat

Ahli nutrisi Katharina Kaiser dari perusahaan Freeletics mengungkapkan bahwa terdapat dua jenis makanan yang mesti masuk ke tubuh pada pagi hari setelah mabuk.

"Pertama saya mengisi tubuh dengan mineral untuk membantu proses detoksifikasi, seperti smoothie hijau atau air kelapa. Kemudian, saya makan sesuatu yang gurih, tidak terlalu pedas agar perut bisa bersantai."

Ia menekankan, karbohidrat adalah makanan wajib di pagi hari seperti kentang atau kacang yang direbus.

2. Telur

"Setelah meneguk terlalu banyak anggur, saya akan minum banyak air dan roti bakar dengan telur," ungkap ahli gizi publik dr Emma Derbyshire.

3. Alpukat

Selain telur, buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai isi roti bakar untuk menu sarapan.

"Roti bakar isi alpukat dan air kelapa adalah menu yang pas setelah mabuk karena tinggi karbohidrat dan lemak. Selain itu, kualitas lemak dalam buah ini pun baik bagi tubuh," terang ahli gizi klinis Manal Chouchane dari BioCare.

Sementara, air kelapa berguna untuk menghidrasi dan menyeimbangkan eletrolit dalam tubuh.

4. Bubur

"Semangkuk smoothie  atau bubur dengan mentega kacang dan buah beri adalah menu yang tepat bagi mereka yang mabuk pada malam harinya," saran ahli gizi Rhiannon Lambert. Ia juga menyarankan untuk minum lebih banyak daripada kebutuhan normal, sekitar 2 liter dalam sehari.





(DEV)