Mengunyah Permen Karet Bantu Kurangi Kecemasan

Raka Lestari    •    Rabu, 08 Nov 2017 14:21 WIB
tips kesehatan
Mengunyah Permen Karet Bantu Kurangi Kecemasan
(Foto: Science ABC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak hanya memberi nafas yang segar, mengunyah permen karet ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda, mulai dari atas kepala hingga ujung kaki.

Berikut adalah manfaat-manfaat yang diperoleh dengan mengunyah permen karet:

1. Meningkatkan daya ingat

Menurut studi terbaru dari sebuah tim psikolog di St. Lawrence University, fungsi kognitif dan keseluruhan hasil tes meningkat secara signifikan ketika subjek penelitian mengunyah permen karet. Diyakini bahwa dorongan pada mental ini berasal dari peningkatan denyut jantung dan aliran darah.  Dibuktikan juga secara medis pada aktivitas T: Otak di daerah hippocampus, area yang berfungsi untuk untuk konsentrasi dan reaksi, secara signifikan dapat meningkatkan pasokan oksigen sebanyak 25-40 persen.

2. Mengurangi stres dan rasa cemas

Mengunyah permen karet dapat dijadikan pengganti dari kebiasaan-kebiasaan saat sedang gugup seperti menggit kuku atau menggoyang-goyangkan kaki. Dalam sebuah penelitian di tahun 2011, peserta yang mengunyah permen karet dua kali sehari selama 14 hari mengalami kecemasan secara signifikan lebih rendah daripada orang yang tidak mengunyah permen kaert,  mereka juga dilaporkan memiliki suasana hati yang lebih baik dan tingkat kelelahan yang lebih rendah. Secara ilmiah, ditunjukkan bahwa mengunyah permen karet secara signifikan dapat mengurangi hormon stres kortisol karena kegiatan sederhana seperti mengunyah dapat membuat tenang bagi sebagian orang.

3. Membantu menurunkan berat badan

Studi medis menunjukkan bahwa manfaat terbesar berasal dari mereka yang mengonsumsi permen karet daripada menikmati makanan ringan sebagai cemilan. Permen karet telah terbukti membantu menekan nafsu makan. Penelitian dari University of Rhode Island menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet akhirnya menelan kalori 67 persen lebih sedikit saat makan siang daripada yang tidak mengunyah permen karet.

4. Mencegah rasa mual

Penelitian terbaru  menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa lebih efektif daripada obat-obatan penyebab mual. Dalam penelitian tersebut, para pasien yang merasa sakit setelah operasi mengonsumsi permen karet rasa peppermint  atau obat anti-mual.  Sebanyak 75 persen pasien merasa permen karet dapat membantu mengurangi rasa mual bahkan hanya dalam waktu 10 menit. Sedangkan hanya 25 persen yang merasa obat-obatan dapat mengurangi rasa mual.

5. Membantu pencernaan

Permen karet telah terbukti bisa merangsang pergerakan usus dengan meningkatkan produksi cairan lambung tanpa harus mencerna makanan apapun. Menurut sebuah studi PubMed, permen karet juga dapat membantu mencegah masalah yang dimiliki banyak orang saat mereka mulai makan atau minum terlalu cepat setelah operasi.



 


(DEV)