Kondisi Kesehatan Ini Dapat Menghambat Penurunan Berat Badan

Torie Natalova    •    Kamis, 09 Nov 2017 18:26 WIB
Kondisi Kesehatan Ini Dapat Menghambat Penurunan Berat Badan
Ada banyak faktor yang dapat menghambat penurunan berat badan (Foto ilustrasi: Redonline)

Jakarta: Sulitnya menurunkan berat badan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Bukan hanya kurang aktivitas fisik atau tidak menjaga pola makan, mengidap penyakit tertentu juga bisa menghambat penurunan berat badan.

Itulah kenyataan bagi orang-orang yang memiliki lipoedema, yang dapat mempengaruhi sebanyak 11 persen wanita sampai tingkat tertentu. Menurut para ahli, dalam kondisi tersebut banyak dokter yang bahkan tidak mengetahuinya.

Lipoedema adalah kondisi kronis yang menyebabkan penumpukan sel-sel lemak abnormal di daerah tertentu, biasanya di paha, kaki bagian bawah, dan betis. Kadang bisa terjadi pada bagian lengan.

Kaum pria juga dapat mengembangkan lipoedema. Namun, sebagian besar terjadi pada wanita karena berkaitan dengan hormon.

Kesalahpahaman terbesar tentang lipoedema adalah lemaknya sama dengan obesitas yang disebabkan oleh makan berlebih dan memangkas kalori serta olahraga untuk mengatasinya.

Gejala lipoedema meliputi rasa sakit dan berat, mudah memar, kulit dingin, gatal, atau mengelupas serta ketidakmampuan menurunkan berat badan di bagian yang terkena. Penderita mungkin juga menemukan bahwa mereka memiliki pembuluh darah kecil yang patah di bawah kulit. Lemak sendiri memang bisa menyebabkan rasa sakit dan kelelahan.

Gangguan makan dan depresi juga umum terjadi pada orang dengan lipoedema. Penyakit ini biasanya dimulai saat Anda melewati masa pubertas. Namun, penyebab pastinya masih belum diketahui.

Jika Anda memiliki penyakit ini, Anda dapat menekan atau mengurangi pembengkakan dengan berolahraga di air. Penambahan berat badan yang signifikan dapat membuat pembengkakan memburuk, sehingga jaga selalu berat badan tetap stabil.

Perlu diingat bahwa diet saja tidak dapat menyembuhkan lipoedema sehingga pastikan Anda tetap sehat dan aktif.


(DEV)