Manfaat Jamur Putih, Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Kanker Prostat

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 29 Dec 2017 15:29 WIB
kesehatan
Manfaat Jamur Putih, Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Kanker Prostat
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Buah dan sayuran memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, begitu pula dengan jamur. Dari sekian banyak jenis sayur, salah satu yang punya banyak manfaat bagi tubuh, yakni jamur putih.

Berikut ini segundang khasiat jamur putih seperti dilansir Boldsky, Jumat, 29 Desember 2017:

1. Menurunkan kolesterol

Jamur putih kaya akan protein tanpa lemak dan membantu menjaga kolesterol tubuh. Jamur mengandung serat dan enzim tertentu yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Protein itu lah yang membantu membakar kolesterol dan lemak berlebih dalam tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Jamur yang berbentuk seperti kancing baju ini dikenal tinggi kalsium yang penting untuk menjaga tulang kuat. Mengonsumsinya secara teratur dapat mengurangi risiko osteoporosis, nyeri sendi, dan gangguan tulang lainnya.

3. Meningkatikan sistem kekebalan tubuh

Kandungan ergothioneine (antioksidan kuat di dalam jamur) mampu menangkal radikal bebas, sehingga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jamur jenis ini juga mengangung antibiotik dan anti-jamur alami yang bisa membantu menyingkirkan berbagai jenis infeksi.

4. Mencegah diabetes

Bagi penderita diabetes, jamur putih bisa dicoba sebagai obat. Jamur putih mengandung insulin dan enzim alami yang membantu meruntuhkan gula atau tepung dalam makanan. Selain itu, jamur merupakan sumber kromium yang dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin.

5. Membantu menurunkan berat badan

Jamur putih mengandung banyak serat dan membantu memperbaiki pencernaan, serta metabolisme. Jamur merupakan makanan ideal untuk menghilangkan massa otot karena rendah lemak dan makanan yang lezat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Mencegah kanker

Jamur putih efektif mencegah kanker payudara dan kanker prostat. Sebab, jamur mengandung asam linoleat yang sangat membantu menekan efek dari estrogen berlebih. Tak hanya itu, jamur mengandung beta-glucans yang mampu menghambat pertumbuhan sela kanker (kanker prostat).

Selain manfaat tersebut, Anda juga bisa merasakan manfaat lainnya. Seperti meningkatkan penyerapan zat besi, menurunkan tekanan darah, membantu produksi hormon, dan lain sebagainya.


(TRK)