Seberapa Besar Efek Tekanan dari Luar Berpengaruh pada Rahim?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 05 Oct 2017 16:07 WIB
kesehatan
Seberapa Besar Efek Tekanan dari Luar Berpengaruh pada Rahim?
Baru-baru ini muncul pemberitahuan melalui pesan singkat yang menyatakan bahwa benturan keras pada tubuh dapat membahayakan rahim. Benarkah demikian? (Foto: Ao/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Baru-baru ini muncul pemberitahuan melalui pesan singkat yang menyatakan bahwa benturan keras pada tubuh dapat membahayakan rahim. Benarkah demikian?

"Tergantung seberapa besar trauma (benturan) yang dialami, tapi saya rasa tidak (semudah itu) kecuali sedang hamil," ujar dokter kandungan dr. Ni Komang Yeni DS, SpOG saat dihubungi Metrotvnres.com, Kamis (5/10/2017). 

Namun, benturan keras yang direncanakan juga tak menutup kemungkinan rahim mengalami gangguan. 

"Misalnya mendapat pukulan keras seperti olahraga karate atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang direncanakan."



(Baca juga: Benarkah Rahim Wanita Membesar Ketika Haid?)

Wakil Ketua Perkumpulan Menopause Indonesia Cabang Jakarta Raya (PERMI JAYA) tersebut menerangkan bahwa rahim memiliki banyak lapisan pelindung seperti kulit, lemak, otot, dan organ tubuh dalam di sekitarnya.

"Kalau organ dalam tubuh di sekitar rahim ikut hancur, kemungkinan rahim terpengaruh ada. Kalau tidak ada pendarahan lewat vagina, rahim bisa dibilang masih aman." Ia menambahkan, ukuran rahim saat sedang tidak hamil hanyalah sebesar telur ayam.










(TIN)