Tips Menurunkan Berat Badan Anak

Anggi Tondi Martaon    •    Sabtu, 06 Jan 2018 15:54 WIB
kesehatan anaktips kesehatan
Tips Menurunkan Berat Badan Anak
Tips Menurunkan Berat Badan Anak (Foto: gettyimages)

Jakarta: Orang tua memiliki anak yang gemuk bukan berarti bagus. Sebab, kelebihan berat badan berpotensi tidak baik terhadap kesehatan.

Bagi orang tua yang memiliki anak yang gemuk, segera turunkan berat badan anak Anda. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menurunkan berat badan anak, yaitu:

1. Membatasi kalori
Membatasi asupan kalori anak menjadi salah satu kunci utama jika anda ingin menurunkan berat badan anak. Pada umumnya, berat badan anak tidak ideal dikarenakan konsumsi kalori lebih besar daripada yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Terutama pada anak usia dasar, orang tua memiliki kendali penuh atas apa yang anak-anak mereka makan dan sangat penting bahwa mereka memastikan mereka tidak mengkonsumsi lebih dari yang mereka butuhkan," ujar Dr Tabitha Randell, seorang konsultan diabetes anak-anak dan endokrinologi di Rumah Sakit Anak-anak Nottingham.

2. Makan bersama anak
Makan bersama anak dianggap lebih baik daripada membiarkan buah hati menyantap makanan sendiri. Dengan begitu, anda bisa menularkan kebiasaan makan makanan sehat kepada anak.

"Makan sebagai keluarga tidak hanya membantu kebiasaan makan yang sehat, ada juga semakin banyak bukti bahwa makan bersama sebagai keluarga secara dramatis mengurangi risiko masalah kesehatan mental pada anak-anak dan remaja juga," jelas Dr Randell.

3. Kurangi porsi makan anak
Mulailah membatasi konsumsi makanan anak anda. Cara ini bisa anda lakukan dengan menyajikan makanan dengan piring yang lebih kecil.

4. Kurangi stok makanan ringan di rumah
Sebaiknya, dapur atau kulkas anda tidak dipenuhi dengan makanan ringan yang tinggi kalori. Sebab, hal itu akan sangat menggoda mereka.

"Jika Anda tidak menyimpan hal-hal seperti keripik, biskuit, permen, cokelat di rumah, maka tidak akan ada godaan bagi mereka untuk membantu diri mereka sendiri," kata Dr Randell.

5. Kurangi konsumsi makanan cepat saji
Makanan cepat saji menyajikan kalori yang tinggi bagi anak. Cobalah sajikan makananyang dimasak sendiri karena anda bisa menentukan berapa banyak kandungan kalori dan lemak dalam makanan tersebut.

6. Kurangi minuman bersoda
Berhentilah membiarkan anak-anak mengkonsumsi minuman bersoda manis. Sebab, minuman tersebut mengandung kalori yang cukup tinggi dan tidak memiliki nilai gizi.

7. Biarkan anak aktif bergerak
Mendorong anak untuk aktif juga berperan dalam rencana pengurangan berat badan. Anak-anak membutuhkan satu jam olahraga fisik intensitas sedang setiap hari.

"Ini mungkin memerlukan beberapa usaha untuk membuatnya menarik dan menghibur, dan lebih daripada perangkat elektronik, tapi mendorong bermain di luar pada anak-anak muda sangat bermanfaat," Dr Thomas Maggs, juru bicara Royal College of Pediatri dan Kesehatan Anak.

 


(ELG)