Perbedaan Kandungan ASI Ibu dengan Bayi Prematur dan Normal

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 17 Sep 2017 14:12 WIB
kesehatan
Perbedaan Kandungan ASI Ibu dengan Bayi Prematur dan Normal
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa Air Susu Ibu (ASI) pada ibu yang melahirkan anak prematur memiliki kandungan yang berbeda dengan ASI bayi normal. Hal tersebut bertujuan agar pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat maksimal.

Studi tersebut membandingkan ASI antara ibu yang melahirkan bayi prematur (antara 28-37 minggu kehamilan) dan normal (setelah 38 minggu).

Mereka meneliti apakah terdapat perbedaan antara mikroRNA ASI, potongan RNA yang mempengaruhi ekspresi gen dan bisa terlewat pada bayi.

"Kami menemukan terdapat perbedaan pada profil mikroRNA dimana perubahan mikroba tersebut memengaruhi metabolisme," tukas Molly Carney dari Pennsylvania State University College of Medicine di Amerika Serikat.

MikroRNA tersebut ditransfer pada bayi, yang berpotensi memberi dampak pada bagaimana proses energi dan nutrisi pada bayi.

Hasil penelitian tersebut membantu bagaimana memilih ASI yang tepat dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan susu formula yang lebih baik.

Bayi prematur cenderung memiliki risiko yang lebih banyak, seperti masalah dalam perkembangan saraf. Selain itu, berat badan bayi prematur juga cenderung lebih rendah dibandingkan bayi normal.

Sementara, mikroRNA pada ASI ibu yang melahirkan bayi prematur dapat membantu proses metabolisme tersebut serta membantu mengatur fungsi saluran pencernaan dan penggunaan energi pada si kecil.


(DEV)