5 Minuman untuk Menguras Racun Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 27 Sep 2017 09:00 WIB
tips kesehatan
5 Minuman untuk Menguras Racun Tubuh
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai macam cara untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Namun, tak perlu mencoba cara yang mahal jika ingin melakukan detoks, cukup konsumsi air dengan beberapa bahan alami.

Berikut adalah beberapa minuman yang dapat mendetoks tubuh yang bisa dibuat sendiri di rumah.

1. Campuran air hangat dengan madu dan lemon

Minuman yang sebaiknya diteguk di pagi hari ini tak hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi tetapi juga dapat mengeluarkan racun sehingga membantu tubuh memulai hari dengan positif.

2. Air hangat

Bahkan, air yang dipanaskan dapat membantu detoksifikasi. Hal ini karena air hangat memecah racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem limfatik. Selain itu, rutin minum air hangat juga dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

3. Teh hijau

Gantilah teh dan kopi Anda dengan teh hijau. Minuman tersebut kaya akan katekin yang merupakan antioksidan alami yang dapat melakukan detoksifikasi dan meningkatkan fungsi hati.

"Minumlah satu hingga tiga cangkir tiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal," saran Dr Vivek Vij, direktur di HOD, Liver Transplant, Fortis Escorts Liver and Digestive Diseases Institute, Delhi.

4. Air infus

Tambahkan beberapa lapis mint, buah lemon, atau apel hijau dalam segelas air dan diamkan semalaman. Minumalh keesokan paginya. Selain dapat mendetoks tubuh, minuman tersebut juga dapat memberikan nutrisi dari buah dan herbal pada tubuh.

5. Air dicampur lemon dan kulit

Kunyit berperan sebagai antiseptik dan antioksidan. Tuangkan setengah sendok bubuk kunyit dan sedikit kayu manis dalam air. Panaskan, kemudian dinginkan sesaat sebelum ditetesi sari lemon yang berasal dari setengah bagian buah lemon utuh. Minuman yang kaya akan flavonoid tersebut dapat mendetoks dan menyeimbangkan pH dalam tubuh.




(DEV)