Akupuntur Bantu Mempercepat Kehamilan

Torie Natalova    •    Minggu, 24 Sep 2017 17:55 WIB
kesehatan
Akupuntur Bantu Mempercepat Kehamilan
(Foto: All Women's Stalk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi mereka yang sudah menikah bertahun-tahun tetapi belum juga dikaruniai anak, program bayi tabung menjadi cara yang paling efektif untuk menghasilkan keturunan. Namun, tak sedikit yang terkendala masalah biaya mengingat teknik ini umumnya membutuhkan biaya besar.

Belum lama ini teknik akupunktur menjadi solusi untuk membantu mempercepat kehamilan.

Dokter akupuntur dan pengobatan Cina Jill Blakeaway dari YinOva Center New York mengatakan bahwa pasien memiliki spektrum kesuburan. Pengobatan asal Tiongkok ini akan membangun keseimbangan tubuh pasien terlebih dulu. Prinsipnya, pada tubuh yang sehat akan memiliki bayi yang sehat juga, kelak.

Akupuntur tidak lebih dari sekedar mengembalikan energi tubuh atau dalam istilahnya, Qi. Jill menambahkan, akupuntur dapat meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke rahim.

Kondisi ini diyakini dapat menciptakan lapisan rahim yang lebih kuat dan sehar agar embrio dapat tumbuh dengan kuat. Selain itu, akupuntur juga dapat mengatur hormon termasuk gonadotropin yang mempengaruhi tingkat ovulasi, mengatur siklus haid, dan memperbaiki beberapa gangguan kecil atau ketidakseimbangan yang mungkin mengganggu proses ovulasi.

Gangguan biasanya terjadi akibat peradangan yang dapat mempengaruhi cara folikel telur berkembang di ovarium wanita. Peradangan juga dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi progesteron dan estrogen serta pembengkakan di lapisan rahim, membuat embrio lebih sulit ditanamkan.

Para ilmuwan telah menggunakan ultrasound Doppler dan thermal imaging untuk menunjukkan bahwa akupuntur dapat mempengaruhi aliran darah di tubuh. Sejumlah penelitian juga telah menunjukkan bahwa akupuntur dapat meningkatkan tingkat keberhasilan wanita yang menjalani IVF atau bayi tabung.




(DEV)