Olahraga Setelah Belajar Tingkatkan Kemampuan Mengingat

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 29 Aug 2017 11:32 WIB
kesehatan
Olahraga Setelah Belajar Tingkatkan Kemampuan Mengingat
Sebuah studi menemukan bahwa olahraga tepat setelah mempelajari sesuatu yang baru dapat meningkatkan kemampuan mengingat informasi tersebut, terutama pada perempuan. (Foto: Francesco Gallaro/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa olahraga tepat setelah mempelajari sesuatu yang baru dapat meningkatkan kemampuan mengingat informasi tersebut, terutama pada perempuan.

Dalam empat percobaan, 265 pertisipan diminta melakukan gerakan olahraga berefek kecil selama lima menit atau tidak berolahraga setelah belajar.



Meskipun kekuatan dari efek bervariasi dalam percobaan tersebut, para peneliti menemukan bahwa wanita yang berolahraga setelah belajar mampu memgingat materi lebih baik dibandingkan mereka yang tak berolahraga.

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Cognitive Research: Principles and Implications tersebut menambah bukti bahwa olahraga dapat meningkatkan memori dalam jumlah yang bisa diukur.

"Efek tersebut muncul setelah partisipan mempelajari materi, menandakan bahwa hal tersebut secara retroaktif mendorong pembelajaran materi," ujar Steven Most from University of New South Wales di Australia.

(Baca juga: 5 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Perempuan)

Meski demikian, hasil tersebut tak terbukti pada laki-laki.

"Masih belum jelas apakah perbedaan jenis kelamin atau hal lain dalam penelitian ini yang menunjukkan bahwa efek hanya berlaku pada wanita," tambah Most.



Dalam tiga dari empat percobaan, partispan belajar untuk memasangkan nama pria dengan wajah laki-laki. Dalam tes tersebut, mereka mampu mempresentasikan kembali dengan wajah namun harus mengingat nama yang dipasangkan dengannya.

"Penemuan tersebut diharapkan dapat mendorong sekolah dan bahkan panti jompo, di mana ingatan menjadi perhatian utama, untuk mempertimbangkan mengadopsi rutinitas olahraga agar membantu mengingat," kata periset.











(TIN)