Debu pada Perabot Rumah Tangga Bisa Picu Kegemukan

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 06 Aug 2017 09:00 WIB
kesehatan
Debu pada Perabot Rumah Tangga Bisa Picu Kegemukan
(Foto: 911 Rent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kita semua tahu bahwa kurang gerak dan pola makan buruk dapat menyebabkan kegemukan. Namun, sebuah penelitian dari Duke University di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa paparan debu pada peralatan rumah tangga juga dapat meningkatkan risiko kegemukan.

Para peneliti menyebutkan bahwa debu tersebut mengandung bahan kimia yang mengganggu endokrin sehingga memengaruhi hormon dalam tubuh yang dapat memicu tubuh menyimpan lemak. Bahan dengan bahan api pada osfa, karpet, dan zat phthalate juga termasuk di dalamnya.

Studi yang menguji coba hewan tersebut menyimpulkan bahwa paparan dini dalam hidup dapat menyebabkan kegemukan di kemudian hari. Para peneliti menamakan bahan kimia tersebut obesogen.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal  Environmental Science & Technology tersebut berfokus pada kontaminan lingkungan yang memengaruhi metabolisme tubuh dan risiko partikular debu pada anak-anak.

Jumlah debu dengan minimal tiga mikrogram dapat menimbulkan berbagai efek. Padahal, US Environmental Protection Agency mengestimasi setiap anak di Amerika menghirup debu sebanyak 50 miligram setiap hari.

"Kami terkejut meilhat jumlah konsentrasi yang sedikit tetpa memberi efek," tukas pemimpin studi dr. Christopher Kassotis.

Para peneliti mengumpulkan debu dar 11 rumah di North Carolina dan mengobservasi bagaimana interasi dengan sel pada tikus laboratorium.

Kebanyak sampel debuy menyebabkan sel bertumbuh menjadi sel lemak dewasa, yang berakumulasi menjadi trigliserida, jenis lemak yang berhubungan dengan lemak.

Sembilan dari sel-sel lemak itu benar-benar terbagi, dan tumbuh menjadi kelompok yang lebih besar.




(DEV)