6 Penyebab Anda Mengalami Gemuk Air

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 21 Sep 2017 12:45 WIB
obesitas
6 Penyebab Anda Mengalami Gemuk Air
(Foto: CNN International)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keadaan tubuh yang tetap terhidrasi adalah salah satu kunci menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak asupan air juga dapat menyebabkan kegemukan?

Retensi air adalah kumpulan air atau cairan dalam jaringan dalam rongga tubuh dimana hal tersebut secara signifikan dapat menambah berat badan. Namun, air lebih mudah dihilangkan dibandingkan lemak.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa terjadi penumpukan air dalam tubuh.

1. Konsumsi  obat anti-inflamasi non steroid (NSAID)

Obat NSAID seperti ibuprofen dan aspirin biasanya dikonsumsi untuk mencegah inflamasi dan nyeri. Salah satu efek dari obat ini adalah retensi air dan sodium sehingga bisa menyebabkan kembung dan berat badan naik.

2. Memiliki masalah jantung

Gagal jantung kongestif adalah salah satu penyebab edema atau retensi air. Hal ini dikarenakan ginjal mulai menyerap ulang air dan sodium dalam tubuh sehingga berat badan meningkat.

3. Mengalami perubahan hormon

Banyak wanita merasa membengkak saat menjelang menstruasi. Fenomena tersebut dikenal dengan edema mentruasi atau penambahan berat badan premenstruasi, yang merupakan dampak dari perubahan hormon selama masa menstruasi.

4. Menggunakan alat kontrasepsi oral

Penggunaan alat kontrasepsi jenis ini dapat menyebabkan pergolakan hormonal dalam tubuh sehingga memengaruhi metabolisme air. Jika digunakan dalam jangka panjang, maka berat badan yang bertambah kemungkinan karena air.

5. Kurang asupan protein

Umumnya, mereka yang senang dengan protein nabati mengalami hal ini. Protein adalah penyangga dalam pembuatan sela dan pergerakan organ. Jika tak tercukupi, maka penyangga tersebut akan roboh dan cairan akan meresap ke dalam jaringan dan rongga tubuh, dimana tubuh akan terlihat lebih besar dan lebih berat.

6. Terlalu banyak asupan makanan kaleng

Makanan kaleng memang lebih praktis. Namun makanan mengandung banyak sodium yang dapat menyebabkan retensi air dimana akan memberi efek yang sama dengan junk food.




(DEV)