Benarkah Senam Kegel Mampu Mengencangkan Vagina?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 04 Aug 2017 09:00 WIB
kesehatan dan produktivitas
Benarkah Senam Kegel Mampu Mengencangkan Vagina?
Menurut WebMD, senam kegel membuat otot dasar panggul menjadi lebih kuat sehingga lebih baik dalam mengontrol aliran urine dan membantu menjaga posisi organ panggul sesuai tempatnya. (Foto: Emegteichuud.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurunkan kualitas organ intim umumnya akan mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Dari berbagai usaha untuk mengembalikan hal tersebut, senam kegel dianggap sebagai salah satu solusi. 

Namun, benarkah senam kegel dapat mengembalikan elastisitas dinding vagina?

"Tergantung pada seberapa banyak dilakukan. Kalau hanya seminggu sekali, tidak efektif," jawab dr. Ni Komang Yeni Dhanasari, SpOG dalam Media Luncheon Bamed Women's Clinic, Selasa (1/8/17) lalu. 

Wakil Ketua Perkumpulan Menopause Indonesia Cabang Jakarta Raya (PERMI JAYA) tersebut mengungkapkan, agar terbukti, latihan tersebut sebaiknya dilakukan enam kali dalam sehari dengan masing-masing enam putaran. 



(Baca juga: Neuromove, Senam untuk Hindari Neuropati)

Senam ini bertujuan membuat bagian bawah perut berkontrasi dengan cara menahan dan melepas bagian tersebut hingga enam kali. Setelah itu, tahan selama enam detik dan lepaskan untuk relaksasi. Lakukan aktivitas singkat tersebut hingga enam kali dalam seminggu. 

Menurut WebMD, senam kegel membuat otot dasar panggul menjadi lebih kuat sehingga lebih baik dalam mengontrol aliran urine dan membantu menjaga posisi organ panggul sesuai tempatnya. 

Biasanya, senam ini dianjurkan bagi mereka yang mengalami stres inkontinensia urine (SUI) atau mereka yang mengalami lemah pada dasar panggul pasca-melahirkan. 










(TIN)