Satu Telur Sehari Cegah Stunting pada Anak

Nia Deviyana    •    Selasa, 06 Jun 2017 17:11 WIB
studi kesehatan
Satu Telur Sehari Cegah Stunting pada Anak
(Foto: Momjunction)

Metrotvnews.com, Jakarta: Telur sarat gizi untuk menunjang masa pertumbuhan anak-anak. Belum lama ini, hasil studi menyimpulkan bahwa makan telur per hari sangat baik bagi anak-anak usia 6-9 tahun agar tidak mengalami stunting.

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan akibat gizi buruk di awal kehidupan bayi, terutama pada seribu hari pertama.

Studi dipimpin Lora Lannoti dari Brown School di Washington University, St. Louis, menemukan bahwa memberi anak satu telur per hari selama enam bulan dapat mengurangi risiko stunting.

Disamping mengurangi risiko stunting, ada lima manfaat telur bagi anak-anak, seperti dilansir dari laman Momjunction.

1. Tinggi protein

Satu butirnya mengandung 6 gram protein yang berguna untuk proses regenerasi sel. Satu butir telur sehari sudah cukup untuk menunjang tumbuh kembang anak meski Anda tak memberi multivitamin sama sekali.

2. Baik untuk kesehatan mata

Telur merupakan sumber lutein yang membantu menjaga ketajaman penglihatan. Pada orang dewasa, konsumsi telur membantu mencegah mata dari degenerasi makula yang membuat penglihatan kabur.

3. Mengandung kolin

Kolin membantu membangun selaput sel, yang penting untuk perkembangan otak. Setiap satu butir telur mengandung 100 mcg kolin.

4. Mengandung omega-3

Omega-3 merupakan lemak sehat yang sering ditemukan pada ikan. Kandungan ini membantu menunjang perkembangan otak anak di awal pertumbuhannya. Sebuah penelitian menemukan, konsumsi telur secara teratur dapat menurunkan risiko arthritis dan penyakit jantung.

5. Sumber vitamin D

Siapa bilang vitamin D hanya dapat ditemukan pada susu? Mulai sekarang Anda dapat mengimbanginya dengan telur.


(DEV)