Kenali SIBO, Penyakit yang Menyerang Pencernaan Anda

Torie Natalova    •    Jumat, 07 Dec 2018 15:29 WIB
kesehatan pencernaan
Kenali SIBO, Penyakit yang Menyerang Pencernaan Anda
Kenali SIBO, Penyakit yang Menyerang Pencernaan Anda (Foto: gettyimages)

Jakarta: Sakit perut, kembung, perut terasa penuh gas dan diare, ini bisa jadi gejala dari sindrom iritasi usus (IBS). Penyakit ini merupakan masalah pencernaan umum yang mempengaruhi usus besar dan sering terjadi pada orang dewasa.

Tapi, gejala-gejala tersebut terkadang juga bisa merupakan pertanda SIBO atau pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan. Penyakit ini kurang umum sehingga banyak yang tidak menyadari penyakit SIBO sedang menyerang usus kecil.

SIBO sendiri dianggap langka di masa lalu dan kebanyakan terjadi pada pasien dengan kondisi rematik dan diabetes. Kini, semakin banyak orang dewasa yang didiagnosis dengan penyakit tersebut.

Apa penyebab SIBO? Saluran pencernaan Anda memiliki miliaran bakteri di dalamnya. SIBO terjadi ketika ada sejumlah besar bakteri usus di usus kecil atau ketika bakteri yang biasanya ditemukan di usus besar ditemukan pada usus kecil.

Ini dapat terjadi ketika ada masalah dengan motilitas usus atau kontraksi otot yang terjadi di saluran pencernaan ketika Anda mencerna makanan. Jika gerakan ini di usus kecil tidak terjadi, maka bakteri terjebak di sana dan mulai bereproduksi.

Inilah mengapa pada orang yang menderita SIBO, nutrisi dalam makanan tidak dapat diserap. Akibatnya, mereka mengalami penurunan berat badan dan kekurangan nutrisi yang tidak dapat dijelaskan. Dalam beberapa kasus, mereka juga dapat berisiko mengembangkan osteoporosis.

Ada banyak faktor yang dapat merusak motilitas usus. Biasanya, ini karena kondisi kesehatan kronis seperti diabetes atau Crohn, maupun operasi sebelumnya yang menyerang usus. Namun kini, para ahli menyadari bahwa masalah pada gerakan usus juga dapat disebabkan oleh alkohol, bepergian, stres, penggunaan antibiotik dan NSAID.

Adapun gejala SIBO berbeda-beda pada setiap individu. Biasanya, gejala SIBO paling umum seperti perut kembung, nyeri perut atau tidak nyaman, diare atau sembelit, mual, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kekurangan vitamin, nutrisi dan zat besi.

 


(ELG)