Makan Sehat atau Olahraga, Mana Lebih Efektif untuk Menjaga Kesehatan Tulang?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 19 Oct 2018 13:36 WIB
kesehatan tulang
Makan Sehat atau Olahraga, Mana Lebih Efektif untuk Menjaga Kesehatan Tulang?
Gizi baik dan aktivitas fisik adalah dua hal yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. (Foto: Pablo Merchán Montes/Unsplash.com)

Jakarta: Gizi baik dan aktivitas fisik adalah dua hal yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. Namun, manakah yang lebih diutamakan?

Sebuah penelitian menemukan bahwa nutrisi memiliki dampak lebih baik pada massa dan kekuatan tulang dibandingkan olahraga.

Penelitian yang menggunakan tikus tersebut menemukan bahwa setelah olahraga dihentikan, kekuatan tulang terus bertambah pada tidur yang mengonsumsi pola makan dengan tambahan mineral.

"Pola makan suplementasi mineral dalam jangka lebih panjang tak hanya meningkatkan massa dan kekuatan tulang, bahkan ketika Anda tidak melakukan olahraga," paparan peneliti David Kohn dari University of Michigan, Amerika Serikat.

(Baca juga: Tujuh Makanan yang Buruk untuk Tulang)


(Sebuah penelitian menemukan bahwa nutrisi memiliki dampak lebih baik pada massa dan kekuatan tulang dibandingkan olahraga. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
 
Selain itu, pola makan tanpa olahraga juga tetap memberi manfaat positif bagi tulang. Data penelitian tersebut menemukan bahwa konsumsi pola makan suplemen mineral jangka panjang membantu mencegah keropos tulang dan menguatkan seiring dengan pertambahan usia, meskipun tak olahraga.

Studi yang dipublikasi jurnal PLOS One tersebut meneliti efek peningkatan pola makan tinggi kalsium dan fosfor dan menemukan manfaat dari peningkatan keduanya.

Menurut Kohn, itu tidak berarti orang bisa langsung membeli suplemen kalsium dan fosfor untuk tetap menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu, temuan tidak langsung diterjemahkan dari tikus ke manusia, dan membutuhkan konsep lain untuk membuktikannya.




(TIN)