Bolehkah Mengonsumsi Mangga dengan Kulitnya?

Raka Lestari    •    Minggu, 14 Oct 2018 12:20 WIB
tips kesehatan
Bolehkah Mengonsumsi Mangga dengan Kulitnya?
(Foto: The Health Site)

Jakarta: Beberapa orang mengonsumsi mangga bersama kulitnya setelah dicuci bersih. Namun, apakah kulit mangga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi juga sehingga kita harus memakannya?

"Kulit mangga mengandung bahan kimia yang disebut urushiol, getah berminyak yang menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, kondisi yang sama ketika seseorang terkena racun ivy, oak, atau sumac," kata Vandana R. Sheth, RDN, seorang pengajar diabetes bersertifikat dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetic.

Jadi, jelas bahwa mengonsumsi mangga beserta kulitnya tidak aman.

Namun, meski kulit mangga mengandung bahan kimia, bukan berarti Anda akan mengalami ruam jika tangan Anda menyentuhnya.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa orang-orang yang pernah terkena racun poison ivy lebih berpotensi mengalami ruam ketika memegang mangga dibandingkan dengan orang yang belum pernah menyentuh poison ivy.

Namun, sekali lagi Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi mangga karena buah ini dikemas dengan nutrisi dan serat yang cukup tinggi.

"Kandungan antioksidan yang tinggi menjadikan mangga bermanfaat untuk perlindungan kanker, kulit, dan kesehatan mata," katanya. Namun, jangan lupa mengupas kulitnya sebelum dikonsumsi.

Lihat video:



 


(DEV)