Mengenal Gejala Leukemia atau Kanker Darah

   •    Kamis, 14 Feb 2019 18:27 WIB
kanker darah
Mengenal Gejala Leukemia atau Kanker Darah
Berikut gejala leukemia yang bisa Anda ketahui. (Foto: Hanna Postova/Unsplash.com)

Jakarta: Pada Rabu, 13 Februari 2019 mantan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono memberikan keterangan melalui video yang ia unggah tentang kondisi sang istri, Ani Yudhoyono yang menderita blood cancer atau kanker darah.

Melansir dari Wikipedia Leukemia; dalam bahasa Yunani leukos "putih"; aima "darah", atau lebih dikenal sebagai kanker darah merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker (istilah medis: neoplasma).

Pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih).

Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis, atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.


(Jika Anda ataupun orang terdekat Anda mengalami gejala-gejala sesak napas serta nyeri pada tulang dan sendi, lemah dan kelelahan akut, atau terjadi pembengkakan kelenjar getah bening segera periksakan ke dokter. Foto: Motoki Tonn/Unsplash.com)

Penyakit leukemia merupakan salah satu mimpi buruk bagi sebagaian orang. Karena leukemia tergolong penyakit yang dapat menggerogoti daya tahan tubuh dengan cepat.

Penyakit ini tak mengenal usia, siapa pun bisa terkena. Gejala leukemia sulit dikenali dan belum diketahui pasti penyebabnya.

Meski dokter belum tahu persis apa yang menyebabkan, kebanyakan kasus leukemia ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena leukemia.

(Baca juga: Beberapa Jenis Kanker Darah yang Bisa Anda Ketahui)

Berikut gejala leukemia yang bisa Anda ketahui dilansir dari Healthline:

- Lemah dan kelelahan akut
- Sesak napas serta nyeri pada tulang dan sendi
- Mengalami permasalahan di bagian gusi dan muntah-muntah
- Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening
- Keringat yang berlebihan terutama pada malam hari
- Selain itu, gejala leukemia salah satunya juga kerentanan terhadap infeksi seperti sakit tenggorokan atau pneumonia bronkial, yang bisa disertai dengan sakit kepala, demam ringan, sariawan, atau ruam kulit

Jika Anda ataupun orang terdekat Anda mengalami gejala-gejala di atas, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Terlebih jika Anda mengalami gejala yang sering kambuh dan tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama.

Maria Fransiska




(TIN)