Mengapa Paru-Paru Terasa Sakit Ketika Olahraga pada Cuaca dingin?

Dhaifurrakhman Abas    •    Sabtu, 08 Dec 2018 18:39 WIB
olahragatips kesehatankesehatan paru-paru
Mengapa Paru-Paru Terasa Sakit Ketika Olahraga pada Cuaca dingin?
Mengapa Paru-Paru Terasa Sakit Ketika Olahraga pada Cuaca dingin? (Foto: gettyimages)

Jakarta: Musim penghujan tiba. Seringkali udara menjadi teramat dingin sampai merasuk ke pori-pori kulit. Kalau sudah begini, rasanya menyeduh secangkir kopi panas untuk menghangatkan tubuh menjadi pilihan pas.

Atau memilih berolahraga yang bisa menghangatkan tubuh pula menghilangkan lemak jenuh. Tapi pernah kah Anda merasakan sakit pada bagian dada ketika berolahraga pada cuaca dingin?

Melansir Times of India, hal itu disebabkan ketika berolahraga, udara yang dihirup tidak selurunya masuk lewat hidung. Tetapi juga melalui mulut.

Udara yang masuk ke mulut tidak mengalami siklus perubahan udara dingin ke hangat yang pada dasarnya menjadi fungsi dari hidung.

Udara dingin yang masuk tanpa proses siklus menyebabkan saluran pernapasan menjadi kejang atau kontraksi. Hal ini yang pada gilirannya menyebabkan nyeri dada dan sesak napas.

Kondisi ini tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun untuk penderita asma dan penyakit paru-paru bisa menjadi masalah.

Meski begitu, Anda jangan berhenti berolahraga. Alih-alih memilih untuk kembali ke dalam rumah, lebih baik ikuti kiat-kiat praktis ini.

1. Gunakan wajah dan penutup mulut

Bawalah syal, atau masker saat Anda berolahraga di luar rumah. Benda tadi tidak hanya ini membuat nyaman, tetapi juga bisa mengurangi risiko terhirup kotoran dan polusi udara.

2. Tetap terhidrasi

Anda tetap berkeringat bahkan ketika berolahraga di musim dingin. Sehingga mengonsumsi air mineral bisa memecahkan banyak masalah pada tubuh Anda.

3. Peregangan

Jangan pernah menyepelekan gerakan peregangan sebelum memulai olahraga. Lakukan peregangan dasar karena rasa dingin juga dapat membatasi pergerakan sendi tubuh.

 


(ELG)