Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Dhaifurrakhman Abas    •    Jumat, 08 Feb 2019 17:57 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Penyebab Gigi Menjadi Kuning
Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning. Selengkapnya di bawah ini. (Foto: Allef Viniciusa/Unsplash.com)

Jakarta: Gigi putih berkilau barangkali jadi idaman setiap orang. Selain dianggap penting buat penampilan, gigi putih juga bisa meningkatkan percaya diri.

Tak heran banyak orang yang rela mengeluarkan duit ekstra hanya untuk membeli produk-produk dan jasa pemutih gigi. Padahal, gigi yang berubah warna menjadi kuning bisa terjadi karena faktor alamiah.

Menurut jurnal berjudul Effect of Age on Tooth Shade, Skin Color and Skin-Tooth Color Interrelationship in Saudi Arabian Subpopulation, seiring bertambanhnya usia, lapisan enamel gigi semakin menipis dan menyebabkan dentin yang berwarna kuning semakin terlihat.

Hal ini terlihat dari survei yang membedakan warna gigi antara orang dewasa dan lanjut usia.

Bukan hanya itu. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning. Ini karena makanan dan minuman tersebut mengandung zat dan kromogen yang mampu mengubah warna gigi menjadi lebih kekuningan. Berikut penjelasannya.
 
(Baca juga: Gara-gara Stres, Ini Masalah yang akan Terjadi pada Gigi Anda)

1. Sitrus
Keluarga sitrus mungkin yang kaya akan vitamin C. Meski memiliki banyak manfaat, namun buah-buahan tersebut merupakan penyebab perubahan warna gigi. 

Alasannya sebenarnya cukup sederhana. Asam yang ada dalam buah sitrus bisa mengikis enamel yang mengakibatkan gigi menjadi berubah warna menjadi kekuningan.

2. Permen
Jika Anda suka makan permen yang manis maka bersiaplah mendapatkan perubahan warna pada gigi. Karena permen dan makanan penutup yang bersifat manis dapat mengikis enamel gigi Anda. Gula yang ada dalam makanan penutup dan permen juga bisa menyebabkan gigi berlubang.

3. Soda
Jika Anda ingin memiliki gigi putih, sebaiknya kurangi mengonsumsi soda. Dalam artikel Timesofindia disebutkan kandungan gula dalam minuman aerasi ini sangat tinggi. Yang mana hal ini mengeksposes enamel Anda dan membuat perubahan warna di gigi.

4. Beri
Mungkin ini sedikit akan membuat hati Anda dilema. Ternyata di balik rasa yang enak, buah stroberi dan blueberry juga dapat menghliangkan warna putih dari gigi Anda. Ini disebabkan pigmentasi dari buah yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

5. Jenis obat tertentu
Ya, ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan gigi putih berubah menjadi kekuningan. Ada baiknya Anda bertanya pada dokter sebelum mengonsumsi tentang dampak obat pada gigi Anda.




(TIN)