Survei: Hubungan Seks Menyebabkan Sakit Kepala

Anda Nurlaila    •    Minggu, 03 Feb 2019 19:40 WIB
seks dan kesehatan
Survei: Hubungan Seks Menyebabkan Sakit Kepala
Di antara mereka yang melaporkan sakit kepala terkait seks, sekitar 40 persen mengatakan mereka telah mengurangi aktivitas seksual . (Foto Ilustrasi: Heather Mount/Unsplash.com)

Jakarta: Sebuah survei National Headache Foundation menyimpulkan bahwa hubungan seksual dapat menyebabkan sakit kepala. Hasilnya, dari 170 pasien yang mengalami sakit kepala, sebanyak 46 persen melaporkan sakit mereka berkaitan dengan hubungan intim.

Survei dilakukan portal dalam jaringan National Headache Foundation selama Desember 2018. Riset melibatkan 182 orang, terutama wanita berusia 21 tahun ke atas. Mayoritas peserta-sebanyak 96 persen-melaporkan menderita sakit kepala dengan sebab apapun. Persentase yang sama mengatakan mereka aktif secara seksual.

Seperti dikutip WebMD, Ketika ditanya apakah seks pernah memicu sakit kepala, 54 persen peserta mengatakan tidak dan 46 persen sisanya mengatakan ya. Survei menunjukkan adanya sakit kepala yang berkaitan dengan hubungan seksual.  

Baca juga: Beberapa Masalah yang tak Boleh Diabaikan dalam Pernikahan

Di antara mereka yang melaporkan sakit kepala terkait seks, sekitar 40 persen mengatakan mereka telah mengurangi aktivitas seksual mereka karena sakit kepala. Hanya 12 persen yang berkonsultasi dengan dokter terkait sakit kepala terkait hubungan seks.

Namun bukan berarti seks merupakan satu-satunya pemicu sakit kepala mereka. Peserta survei yang melaporkan sakit kepala akibat seks, 42 persen mengatakan mengalami sakit kepala tidak lebih dari enam kali setelah aktivitas intim.

Tapi tidak semua peserta mengalami gangguan sakit kepala gara-gara seks. Penelitian ini juga menyebutkan sebanyak 20 peserta menyatakan hubungan seks meringankan sakit kepala mereka. Sementara enam persen lainnya meningkatkan aktivitas berhubungan seksual lebih sering untuk menghilangkan sakit kepala.

Pentingnya Nutrisi dalam Masa Pra Kehamilan (1)



(FIR)