Lima Manfaat Mengonsumsi Buah Lemon

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 06 Feb 2019 00:00 WIB
kesehatan
Lima Manfaat Mengonsumsi Buah Lemon
Kandungan vitamin C pada lemon mampu mencegah kerutan kulit, pengeringan kulit, penuaan kulit dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. (Foto Pixabay.com)

Jakarta: Lemon merupakan buah yang memiliki manfaat paling serbaguna di antara keluarga sitrus. Rasa lemon yang nikmat bisa membantu melepas dahaga sekaligus menjadi bumbu dan bahan dasar berbagai hidangan kuliner.

Disamping itu, lemon yang dikonsumsi juga bermanfaat buat menjaga tubuh tetap dalam keadaan prima. Menyeduh segelas air hangat yang dicampur dengan sari lemon setiap pagi pun bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena lemon memiliki nilai kandungan nutrisi yang amat kaya manfaat. Misalnya kandungan vitamin C yang melimpah namun rendah kalori. Berikut beberapa manfaat lain dari buah lemon bagi tubuh yang mengonsumsinya, dikutip Times of India.

1. Terhidrasi

Dehidrasi merupakan masalah umum yang dialami oleh semua kelompok umur. Perempuan dianjurkan mengonsumsi sekitar 2,7 liter air per hari. Sementara pria dianjurkan mengonusumsi 3,7 liter per hari.

Anda dapat mengonsumsi jus lemon jika tidak suka mengonsumsi air mineral dengan takaran yang banyak. Sebab, selain membantu menambah kenikmatan rasa, jus lemon juga memiliki kandungan mineral yang melimpah.

2. Sumber vitamin C

Lemon merupakan buah yang kaya akan kandungan Vitamin C. Ini merupakan minuman dengan antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda mengonsumsi segelas jus lemon, berarti Anda sudah memenuhi asupan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, mengonsumsi air lemon setiap hari dapat membantu mencegah risiko tubuh terserang penyakit jantung dan stroke.

3. Membantu penurunan berat badan

Lemon baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Karena buah lemon mengandung serat pektin yang mampu menekan nafsu makan.

Lemon juga mampu menekan hasrat tubuh untuk memperoleh makanan dan minuman yang manis. Jadi, tunggu apa lagi? Segera minum segelas air lemon setiap hari jika Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal.


(Lemon merupakan buah yang memiliki manfaat paling serbaguna di antara keluarga sitrus. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Selain Tidur, Konsumsi Buah dan Sayur Bantu Hilangkan Lingkar Hitam Mata)

4. Meningkatkan kualitas kulit

Kandungan vitamin C pada lemon mampu mencegah kerutan kulit, pengeringan kulit, penuaan kulit dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sebab kandungan ini mampu membuat tubuh memproses detoksifikasi lebih cepat dan menjaga kulit tetap bersinar.

5. Mendukung pencernaan

Lemon juga baik dikonsumsi untuk menyembuhkan sembelit. Konsumsi buah atau jus lemon saat pagi hari untuk membantu melancarkan sistem pencernaan Anda.

Selain itu, lemon adalah buah yang mengandung alkali dengan takaran yang kuat. Kandungan ini yang pada akhirnya membantu menyeimbangkan pH lambung tetap seimbang serta mencegah rasa mulas.




(TIN)