Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Melahirkan

Raka Lestari    •    Jumat, 16 Nov 2018 15:41 WIB
kesehatan
Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Melahirkan
Tubuh melewati begitu banyak perubahan dan tahapan selama kehamilan, dan itu juga yang akan terjadi ketika Anda sehabis melahirkan. (Foto: Tamara Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Tubuh melewati begitu banyak perubahan dan tahapan selama kehamilan, dan itu juga yang akan terjadi ketika Anda sehabis melahirkan.

Ketika Anda habis melahirkan, Anda mungkin mengalami rasa sakit, beberapa pendarahan, dan banyak perubahan tak terduga lainnya. Namun bagaimanapun berbeda atau anehnya, hal-hal tersebut merupakan normal terjadi.

Yang bisa Anda lakukan hanyalah menikmati masa-masa tersebut sambil memberi waktu pada tubuh Anda untuk menyembuhkan dan menyesuaikan diri.

"Anda tidak dapat mempercepat proses pemulihan," ujar Sherry Ross, MD, OB/GYN, dan Ahli Kesehatan Wanita di Providence Saint John's Health Center. Dan dilansir dari Bustle, berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh Anda sehabis melahirkan.

(Baca juga: Depresi Pasca Melahirkan Mengintai Para Ibu)

1. Rahim Anda akan menyusut ke ukuran semula
Setelah melahirkan, wanita akan tetap mengalami rasa sakit yang disebut dengan 'afterbirth pains,'. Di mana Anda akan melanjutkan kontraksi yang tujuannya adalah untuk mengecilkan rahim kembali ke ukuran sebelum hamil, menurut Natalie Telyatnikov, praktisi dukungan postpartum bersertifikat dan pendiri Better Postpartum.

2. Kemungkinan akan mengalami wasir
"Tekanan pada rektum dari rahim yang tumbuh, dan kemudian mendorong bayi keluar dapat menyebabkan konstipasi dan seringkali wasir," ujar Patricia A. Evans, NP, CNM, seorang praktisi perawat dan bidan perawat bersertifikat di MemorialCare Orange Coast Medical Center. "Ini kadang-kadang bisa besar dan menyakitkan dan berdarah."


(Rambut rontok hanya terjadi sementara karena efek melahirkan. Foto: Element5 Digital/Unsplash.com)

3. Rambut Anda mungkin akan rontok
Jika rambut Anda tampak lebih tipis dari biasanya atau bahkan jika rambut Anda rontok sebaiknya tidak perlu khawatir. 

Rambut rontok setelah kehamilan adalah sesuatu yang umum dan sering karena sesuatu yang disebut telogen effluvium, yang dapat terjadi setelah peristiwa yang memicu stres seperti melahirkan.

"Rambut rontok ini hanya terjadi sementara karena efek melahirkan atau peristiwa emosional yang membuat traumatis," Ken L. Williams Jr., DO, FISHRS, ahli bedah dan pendiri Orange County Hair Restoration. "Telogen effluvium dapat mulai muncul sekitar enam minggu hingga tiga bulan setelah peristiwa stres atau traumatis."

4. Perubahan bentuk payudara
Ketika tubuh Anda berubah dan bersiap untuk menyusui, Anda mungkin memperhatikan bahwa payudara Anda terlihat berbeda dari biasanya. Puting dan areola Anda mungkin menjadi lebih besar atau lebih lebar.

"Salah satu komplikasi pascapartum yang paling umum adalah infeksi bakteri pada payudara yang disebut mastitis," kata Evans. "Gejalanya adalah demam, pembengkakan, kemerahan, dan sensitivitas di area payudara."

5. Vagina akan memperbaiki dirinya sendiri
Sudah bisa diduga bahwa daerah vagina Anda mungkin terasa sakit untuk sementara waktu setelah melahirkan. Dan ada beberapa alasan  mengapa itu terjadi.

"Area antara vagina dan rektum (perineum) merenggang, membengkak, dan seringkali sobek ketika melahirkan," kata Evans. "Setelah kelahiran, jika terjad sobekan biasanya akan diperbaiki. Ini akan cepat sembuh, biasanya dalam seminggu atau lebih."




(TIN)