7 Makanan yang Mempercepat Kerusakan Tulang

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 26 Aug 2017 15:55 WIB
kesehatan tulang
7 Makanan yang Mempercepat Kerusakan Tulang
7 Makanan yang Mempercepat Kerusakan Tulang (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesehatan tulang adalah hal yang penting karena berbagai aktivitas keseharian membutuhkan tulang yang kuat agar maksimal dilakukan.

Salah satu menjaga kesehatan tulang adalah dengan memerhatikan asupan makanan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari karena mempercepat kerusakan tulang.

1. Alkohol
Komsumsi alkohol dapat menyebabkan fraktur oestoporosis dan kepadatan tulang menurun. Artinya, tulang menjadi rapuh. Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan peradangan tubuh secara umum dan memengaruhi perkembangan dan penyembuhan tulang.

2. Garam
Meskipun bumbu ini selalu dikonsumsi tiap hari, ternyata bisa memberi efek buruk pada tulang. Selain menyebabkan hipertensi, kelebihan konsumsi sodium atau garam dapat menyerap kalsium sehingga menyebabkan osteoporosis.

3. Soda
Konsumsi soda non kafein dapat meningkatkan risiko patah tulang. Cobalah ganti minuman tersebut dengan susu yang mengandung banyak kalsium.

4. Kopi dan teh
Sebuah studi mengungkapkan bahwa kafein yang terdapat pada kopi dan teh dapat menurangi mineral dalam tulang sehingga tulang rentan mengalami fraktur dan osteoporosis.

5. Sayuran nightshade
Beberapa jenis tanaman ini adalah tomat, kentang, dan lada; di mana tamanan tersebut mengandung alkaloid yang dapat memperburuk gejala arthtitis.

6. Bayam
Tanaman berdaun hijau ini mengandung banyak oksalat yang memengaruhi kesehatan tulang. Meskipun merupakan sumber kalsium yang baik, tubuh merasa sulit untuk mengekstrak nutrisi pembentukan tulang dari makanan yang mengandung oksalat.

7. Daging merah
Selain dapat meningkatkan risiko kanker kolon, daging merah juga dapat memenagruhi kesehatan tulang. Sebuah studi tahun 2017 menyimpulkan bahwa mengurangi daging merah dapat memberi dampak positif pada tulang.

 


(ELG)