Yogurt dan Kopi Dapat Mempercepat Penuaan

Torie Natalova    •    Jumat, 09 Jun 2017 07:20 WIB
kesehatan
Yogurt dan Kopi Dapat Mempercepat Penuaan
Hal terburuk bagi gigi adalah bila Anda menyesap kopi sepanjang hari. Akan tetapi para ahli menyarankan selama Anda makan makanan seimbang, tak perlu khawatirkan gigi Anda. (Foto: Pinterest/Bloglovin')

Metrotvnews.com, Jakarta: Bertambah tua adalah sebuah fakta yang tak bisa terhindarkan dalam hidup Anda. Genetika merupakan penyebab utama seberapa cepat Anda menua.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat penampilan yang semakin tua terutama bila menyangkut gigi dan kulit Anda.

Gigi secara alami menjadi kuning seiring bertambahnya usia. Sebagian lain yang dapat mempercepat penuaan adalah apa yang Anda makan dan dapat mempengaruhi kulit Anda. 

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang dapat mempengaruhi dan mempercepat penuaan.

(Baca juga: Hindari Gula, Nenek Ini Tampak Awet Muda di Usia 70 Tahun)



1. Yogurt
Makanan yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Tetapi, para produsen yogurt sering menambahkan gula tambahan ke jenis yogurt rendah lemak sebagai kompensasi hilangnya rasa. Makan terlalu banyak gula dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua karena mengganggu produksi kolagen Anda.



2. Buah kering
Buah kering lebih memiliki jumlah nutrisi baik dibanding permen. Gula yang terjebak dalam gigi dapat menempel dan membentuk bakteri yang menyebabkan perubahan warna hingga menimbulkan plak dan gigi berlubang. Sebaiknya, pilih buah segar yang tinggi serat untuk pencernaan dan memperlambat asupan gula.



3. Lemon
Lemon penuh dengan asam yang menjadi makanan terburuk untuk gigi Anda. Jika asam menempel di gigi dalam waktu lama, asam dapat menempel pada enamel dan membuatnya tidak dapat menjalani mineralisasi. Minuman air lemon berisiko dua kali lipat karena mengandung gula tinggi.



4. Margarin

Beberapa margarin masih memiliki lemak trans nixed. Radikal bebas terbentuk saat Anda makan lemak trans yang tidak baik untuk kulit dalam waktu lama. Lemak trans ini dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang berkaitan dengan penuaan dan penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan osteoarthritis.



5. Kopi
Kopi merupakan penyebab perubahan warna pada gigi, namun itu semua tergantung pada bagaimana Anda meminumnya. Hal terburuk bagi gigi adalah bila Anda menyesap kopi sepanjang hari. Para ahli menyarankan, selama Anda makan makanan seimbang, tak perlu khawatirkan gigi Anda. 

Memenuhi cairan tubuh dan menggunakan tabir surya adalah cara terbaik untuk menjaga kulit terlihat muda. Tetap menjaga pola makan sehat secara keseluruhan juga membantu kulit tetap menawan. Penuhi asupan mineral dan zat besi untuk memberi makan kulit dan bagian tubuh lain.








(TIN)