Wanita yang Melahirkan di Usia 30-an Cenderung Panjang Umur

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 05 Aug 2017 17:46 WIB
kehamilan
Wanita yang Melahirkan di Usia 30-an Cenderung Panjang Umur
Wanita yang Melahirkan di Usia 30-an Cenderung Panjang Umur (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang melahirkan anak mereka di usia 30-an cenderung lebih panjang umur dibandingkan mereka yang melahirkan pertama kali saat berusia remaja atau 20-an.

Meski demikian, kelahiran pertama bukanlah penyebab panjang umurnya seseorang.

Jika kebanyakan dokter menyarankan para wanita untuk melahirkan di usai 20-an agar memiliki kesempatan kehamilan yang lebih baik, para peneliti justru menganjurkan untuk menunggu hingga awal 30-an.

Studi tersebut melihat korelasi antara usia keseimbangan dan jangka hidup. Usia keseimbangan diukur dari usia rata-rata wanita saat melahirkan anak pertama, uasia-rata-rata melahirkan, dan presentase ibu remaja. Para peneliti melihat data dari para wanita di negara-negara Uni Eropa selama sembilan tahun.

Hasilnya, kehamilan pada usia lebih tua berhubungan dengan umur yang lebih panjang, terutama untuk kehamilan pertama. Meskipun kesempatan memiliki anak di uasia 40-an lebih sulit, para peneliti menemukan bahwa hal tersebut empat kali lipat cenderung mencapai usia 100 tahun dibandingkan mereka yang memiliki anak terakhir di usia lebih muda.

Namun, berbagai faktor seperti lingkungan dan biologis turut berperan dalam hasil tersebut. Misalnya, dari segi biologis, wanita yang melahirkan pada usia di bawah 18 tahun cenderung lebih berisiko bagi dirinya dan sang bayi.

Di sisi lain, faktor lingkungan dan sosial juga berperan. Misalnya, ibu yang lebih tuan cenderung lebih kaya dan berpendidikan sehingga bisa memberikan makanan yang lebih sehat dan memiliki akses fasilitas kesehatan yang lebih baik.

Para peneliti juga menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan saat berusia di atas 33 tahun cenderung memiliki gen panjang umur dibandingkan ibu yang lebih muda. Kemungkinan, itu adalah gen yang memampukan untuk reproduksi pada usia lebih tinggi yang berhubungan dengan panjang umur.

Meski demikian, penelitian tersebut menyarankan agar tidak menunda kehamilan pertama hingga usia 35 tahun. Menurut Babycenter, wanita yang melahirkan di atas usai tersebut memiliki risiko lebih besar dalam mengalami ketidaksuburan atau keguguran.

 


(ELG)