Ketahui Perbedaan Manfaat Mandi Pagi dan Malam

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 11 May 2017 14:43 WIB
kesehatan
Ketahui Perbedaan Manfaat Mandi Pagi dan Malam
(Foto: Socialnewsdaily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mandi adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Umumya, orang mandi di pagi hari atau malam hari. Bahkan, orang Indonesia terbiasa melakukan keduanya.

"Mandi pagi adalah hal yang baik. Namun, pastikan Anda mandi di malam hari karena tidur dalam keadaan bersih adalah penting," tukas Nancy Roithstein yang menyebut dirinya sendiri Duta Tidur, seperti dilansir The Independent.

Selain itu, bagi Anda yang terus menggunakan alas kaki, pastikan tak lupa menggosok telapak kaki saat mandi.

Baik mandi pagi maupun mandi malam memiliki manfaat yang berbeda.

"Mandi pagi adalah waktu untuk meditasi dan mengumpulkan diri sebelum memulai hari yang panjang,," ujar Mona Gohara, MD, asisten professor klinis dermatologi di Yale School of Medicine. Dengan mandi pagi, tambah Mona, kadar hormon tubuh terjaga sehingga peradangan kulit bisa dihindari.

Gohara menambahkan, waktu yang tepat untuk becukur adalah di pagi hari karena masih tersadar dan akan memperkecil risiko melukai diri sendiri.

Kulit juga akan terlihat lebih baik setelah mandi pagi karena kondisi kuit terbaik adalah setelah membersihkannya. Dengan demikian , kulit siap menghadapi radikal bebas, sinar matahari, debu, atau benda asing yang dapat menyerang saat keluar rumah.

Selain itu, air yang digunakan baiknya tak terlalu panas atau dingin.

"Air biasa adalah yang terbaik karena mandi air hangat di pagi hari dapat menyebabkan kulit kering dan sensitif," ujar Yen Reis, pendiri Skin Laundry.

Sementara, mandi malam mampu membersihkan sisa make up, minyak, kotoran, dan polusi yang merupakan akumulasi selama seharian di luar. Mandi malam juga dapat memenagruhi kualitas tidur.

"Ketika akan tidur, seharunya dalam keadaan bersih. Mandi malam adalah rutinitas persiapan tidur. Ini adalah waktu untuk diri sendiri yang memberikan ketenangan," ujar Rothstein. Jika kualitas tidur baik, makan rambut dan kulit pun akan memiliki kualitas yang baik.


 


(DEV)