Lutut yang Berbunyi Bisa Jadi Pertanda Penyakit Sendi

Torie Natalova    •    Sabtu, 13 May 2017 17:37 WIB
nyeri
Lutut yang Berbunyi Bisa Jadi Pertanda Penyakit Sendi
Lutut yang Berbunyi Bisa Jadi Pertanda Penyakit Sendi (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, New York: Anda mungkin pernah merasakan lutut berbunyi atau mengeluarkan suara seperti "klik" saat berdiri. Anda pasti akan menganggap hal tersebut sebagai kondisi yang wajar atau umum terjadi.

Sayangnya, ini bisa menjadi tanda peringatan dini kondisi sendi yang tidak dapat disembuhkan. Hal ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hampir 3.500 orang Amerika.

Penelitian tersebut menunjukkan adanya hubungan yang jelas antara lutut yang bersuara dengan perkembangan sendi yang menyakitkan, dan dalam beberapa kasus dapat memicu osteoarthritis.

Osteoarthritis adalah bentuk penyakit sendi yang paling umum dan setidaknya mempengaruhi delapan juta orang di Inggris.

Para peneliti menilai partisipan yang berusia rata-rata 61 tahun untuk nyeri lutut dan X-rays di kaki. Mereka juga ditanya apakah mereka mengalami gesekan, klik atau jenis suara lain saat menggerakkan lutut kanannya.

Mereka yang tidak memiliki tanda peringatan dalam sinar X, namun mengalami suara di lutut, memiliki risiko lebih tinggi menderita osteoarthritis empat tahun kemudian. Sebagai perbandingan, mereka yang memiliki peringatan sinar X osteoarthritis, lebih cenderung mulai mengalami rasa sakit dalam setahun.

Dr. Grace Lo, penulis utama studi mengatakan banyak orang yang memiliki tanda osteoarthritis pada sinar X tidak mengeluhkan sakit. Selain itu, tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah perkembangan rasa sakitnya.

Grace menambahkan, dari hasil studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki lutut berbunyi berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan rasa sakit di tahun mendatang.


 


(ELG)