Menunda Penuaan, Mungkinkah?

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 13 Apr 2017 10:22 WIB
kalbe nutritionals
Menunda Penuaan, Mungkinkah?
Walau proses penuaan alami tidak bisa dihentikan, penuaan bisa diperlambat dengan melakukan perubahan gaya hidup (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar orang tak suka menjadi tua. Selain penampilan fisik mulai tak menarik, stamina tubuh pun menurun. Beberapa fungsi tubuh mulai melambat, misalnya fungsi kognitif, otot, kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan, dan pendengaran.

Penuaan terjadi karena faktor genetik dan gaya hidup. Penuaan bisa terjadi lebih cepat akibat faktor gaya hidup tidak sehat, seperti tidak menjaga pola makan, kekurangan nutrisi, kurang olahraga, dan terpapar polusi.

Walau proses penuaan alami tidak bisa dihentikan atau dicegah, penuaan bisa diperlambat dengan melakukan perubahan gaya hidup sebagai berikut.

1. Olahraga

Memasuki usia 30, tubuh mulai menua. Pada usia ini sebagian orang mulai pikun karena hilangnya massa otot akibat kematian neuron motorik yang mengontrol serat otot. Gejala ini dapat dikurangi dengan tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga.

2. Antioksidan

Dikutip Beliefnet, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan seperti yang terkandung dalam kakao dan teh hijau. Selain menjaga kesehatan kulit, antioksidan secara alami membersihkan tubuh dari racun.

3. Kurangi stres

Stres dapat merusak kesehatan tubuh. Stres dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan peradangan kulit. Stres juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih rentan terserang penyakit.

4. Hindari mendengar musik terlalu keras

Nikmati musik Anda, tapi kecilkan volume suaranya. Terlalu banyak getaran pada gendang telinga karena paparan suara sangat keras akan menurunkan fungsi pendengaran.

5. Pijat

Pijat teratur akan membuat rileks otot-otot Anda. Pijat biasa digunakan dalam pengobatan gangguan pencernaan, radang sendi, dan nyeri lainnya yang terkait dengan penuaan.

Untuk menekan laju proses penuaan, Anda juga perlu memerhatikan asupan nutrisi harian seimbang. Patut Anda ingat bahwa kebutuhan nutrisi orang dewasa bukan hanya kalsium.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengonsumsi Entrasol guna membantu terpenuhinya nutrisi harian. Entrasol mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yakni Hytolive (Ekstrak Buah Zaitun). Zaitun bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas  dan mencegah penyakit jantung koroner, serta anti-inflmasi yang dapat membantu mengatasi nyeri pada radang sendi atau arthritis.

Zaitun juga berperan sebagai antimikroba yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Dapat memperlambat proses penuaan dini dengan melindungi sel-sel dari oksidasi berlebih, dan membantu menjaga kesehatan kulit.

P-Bone (High Calcium, High Vit D dan Magnesium) kombinasi sinergis vitamin dan mineral untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 dan 6 dalam jumlah seimbang yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 10 vitamin dan 7 mineral.

Selain itu, Entrasol juga rendah lemak sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan melonjak.


(ROS)