Tips Agar Keluarga Ikut Aktif Beraktivitas

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 04 Oct 2016 16:46 WIB
kesehatan anak
Tips Agar Keluarga Ikut Aktif Beraktivitas
Untuk mencegah terjadi obesitas pada buah hati, salah satu cara yang perlu dilakukan orangtua adalah membuat anak bergerak. (Foto: Media.30seconds)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak penyakit bermunculan akibat pola hidup tak sehat, salah satunya obesitas. Studi tahun lalu menemukan, anak dan remaja obesitas memiliki banyak plak dalam saluran darah mereka dengan jumlah yang sama seperti orang dewasa yang berumur 45 tahun. 

Kondisi ini membuat mereka memiliki risiko kondisi kesehatan lebih cepat daripada orangtua mereka. Untuk mencegah terjadi obesitas pada buah hati, salah satu cara yang perlu dilakukan orangtua adalah membuat anak bergerak. 

Berikut adalah beberapa hal menyenangkan bersama keluarga yang dapat membuat anak aktif bergerak.

1. Merencanakan kegiatan luar ruangan 
Luangkan satu hari untuk melakukan aktivitas yang menikmati alam bersama keluarga seperti berenang, mendaki gunung, atau bermain bola di taman. Setelah melakukannya, berikan makanan sehat pada mereka sehingga mereka senang dengan kegiatan yang membuat mereka semakin aktif bergerak. 

2. Ikut kelas yang sama
Ikutlah kelas atau komunitas, seperti fitness atau yoga bersama anak. Jika kelas seperti itu terlalu mudah bagi mereka, carilah kelas yang melibatkan anak untuk membakar kalori sehingga anak bisa menjadikan mereka rekan olahraga. 

(Baca juga: Ingin Bahagia Lebih Lama? Coba 5 Cara Ini)

3. Atur ulang ruang keluarga
Ruang keluarga biasanya hanya digunakan untuk bermalas-malasan karena hanya terdapat sofa dan TV. Cobalah atur ulang ruangan tersebut dengan memasukkan beberapa peralatan olahraga. Dengan demikian, saat akan merebahkan diri, setidaknya ada anggota keluarga yang tertarik untuk mencoba bergerak. 

4. Mengerjakan pekerjaan rumah bersama
Dalam hal membersihkan rumah, pembagian tugas pada tiap anggota keluarga adalah hal yang biasa. Agar anak lebih bersemangat, cobalah untuk berkolaborasi dalam melakukan pekerjaan rumah. 

Misalnya, saat mencuci baju, cobalah pasangan musik yang menyenangkan sehingga tubuh anak dan orangtua akan sedikit bergoyang menikmati musik sembari memeras baju. Selain itu, ajaklah anak berjalan-jalan sambil melakukan beberapa aktivitas seperti melompat, lari, ketika berjalan-jalan dengan hewan peliharaan. 

5. Atur pola makan 
Keluarga yang memiliki pola makan sehat biasanya juga aktif beraktivitas. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki hal tersebut, libatkan seluruh anggota keluarga termasuk saat pemilihan makanan. 

Biarkan anak memilih makanan yang mereka inginkan dan ajak mereka terlibat dalam pembuatannya. Selain akan menikmati proses, tentu mereka juga akan menghabiskan makanan yang telah dibuat sendiri. 









(TIN)