Strong by Zumba, Tak Sekadar Menari

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 08 Sep 2016 08:58 WIB
kesehatan
Strong by Zumba, Tak Sekadar Menari
(Foto: Bussiness Insider)

Metrotvnews.com, Jakarta: Zumba menjadi salah satu olahraga yang digemari kaum hawa. Olahraga zumba menggunakan unsur menari atau dance untuk membakar lemak.

Seiring berjalan waktu, banyak instruktur yang mengembangkan olahraga ini. Jika zumba pada umumnya didominasi menari dengan irama lagu latin/mix atau beat kencang, kini ada zumba yang menggunakan gerakan lain yang disebut strong by zumba.

Franz Ferdinand, pelatih zumba dari Celebrity Fitness menjelaskan, strong by zumba didominasi gerakan seperti squad, melompat, atau lari mundur.

(Baca: Bakar Kalori dengan Zumba)

"Esensi dance pada strong by zumba hanya sebesar 0,5 persen saja karena ini memang kombinasi dari gerakan olahraga," ujarnya dalam peluncuran program STRONG by Zumba, Rabu (7/9/2016).

Ia menambahkan, latihan ini memberikan tantangan fisik yang progresif sehingga meningkatkan intensitas pembakaran lemak melalui gerakan tubuh eksplosif ke berbagai arah, melawan tekanan gravitasi, melatih otot,  sistem kardio, ketangkasan, kekuatan dan stamina.

Strong by zumba juga berguna untuk mengadaptasi aktivitas sehari-hari dimana gerakannya yang reaktif berfungsi menggerakkan beberapa anggota tubuh yang jarak dipakai untuk olahraga seperti bagian pergelangan kaki dan tangan.

"Jadi satu gerakan zumba dapat meberi dungsi yang banyak seperti menyehatkan, membentuk tubuh, dan melatih fungsi tubuh yang lain," ujarnya.




(DEV)