10 Makanan Penangkal Kanker Prostat

Nia Deviyana    •    Senin, 12 Sep 2016 09:21 WIB
healthy tips
10 Makanan Penangkal Kanker Prostat
(Foto: Oxygen)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker prostat merupakan pembunuh utama bagi laki-laki. American Cancer Society memperkirakan, lebih dari 180 ribu kasus baru yang didiagnosis tahun ini.

Jenis makanan yang dikonsumsi berkontribusi meningkatkan risiko kanker prostat. Berdasarkan studi American Journal of Clinical Nutrition, laki-laki yang mengadopsi diet vegan memiliki risiko 35 persen lebih rendah, ketimbang mereka yang gemar mengonsumsi lemak jenuh.

(Baca: Ketahui Gejala Kanker Prostat)

"Kami punya cukup data yang mendukung teori, bahwa konsumsi makanan yang tepat secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat," ujar Dr Geo Espinosa, spesialis naturopati yang berbasis di New York City.

Dia pun merekomendasikan 10 makanan berikut ini untuk menurunkan risiko kanker prostat.

1. Brokoli

Pembelahan sel tubuh secara abnormal menjadi salah satu penyebab kanker.
Sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan kale memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia yang dapat mencegah hal tersebut.

2. Salmon

"Penganut diet mediterania memiliki risiko rendah terkena kanker prostat," ujar Liza Cimperman, ahli gizi klinis di University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio.

Kuncinya ada pada ikan salmon yang merupakan menu utama diet tersebut. Salmon mengandung asam lemak omega-3, dan lemak tak jenuh. Ikan lain yang memiliki manfaat tersebut di antaranya sarden, mackarel, dan halibut.

3. Kacang Brasil

Selenium merupakan jenis mineral yang paling dibutuhkan untuk menangkal kanker prostat. Manfaat selenium bisa diperoleh dalam kacang Brasil.

4. Tomat

Tomat mengandung lycopene yang terbukti mampu menangkal kanker prostat. Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Cancer Epidemiology, Biomakers dan Prevention menemukan, konsumsi 10 buah tomat dalam seminggu menurunkan risiko kanker prostat sebanyak 18 persen.

5. Kenari

Selain kaya karbohidrat, kenari mengandung asam lemak omega-3 yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Beri

Kanker berkaitan dengan stres oksidatif. Dalam hal ini, buah beri (stroberi, blueberry, dan rashberry) mampu menangkal hal tersebut. Konsumsi buah beri secara teratur juga baik untuk membersihkan kantung kemih.

7. Kopi

Studi meta-analisis yang diterbitkan dalam Journal Cancer Cause and Control menemukan bahwa minum 4-5 cangkir kopi sehari menurunkan risiko kanker prostat. Sebabnya, kopi mengandung antioksidan.

Masalahnya, tak semua orang bisa minum kopi, terutama untuk mereka yang menderita mag dan jantung berdebar. Teh hijau bisa menjadi alternatif kedua.

(Baca: Dampak Buruk Kopi Bagi Kesehatan Bergantung pada Gen)

8. Wortel

Makan tiga porsi wortel dalam seminggu menurunkan 18 persen risiko kanker prostat, demikian studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition. Pasalnya, wortel mengandung beta-karoten yang dapat mengubah vitamin A menjadi antioksidan.

9. Jus delima

Komponen antioksidan dalam jus delima mampu mencegah dan melemahkan pergerakan sel kanker.

10. Kedelai

Kedelai mengandung isovlafon yang tak hanya mampu menghambat pergerakan sel kanker, tetapi juga mencegah terjadinya peradangan dan stres oksidatif di tubuh. Kandungan isovlavon juga berkontribusi untuk kulit yang sehat.




(DEV)