Bahaya Mengubah Kebiasaan Olahraga Bagi Kesehatan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Sep 2016 18:41 WIB
kesehatan
Bahaya Mengubah Kebiasaan Olahraga Bagi Kesehatan
(Foto: Women's Health) Merubah olahraga secara drastis bisa sebabkan cedera.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang biasa melakukan olahraga ringan atau bahkan jarang berolahraga, kemudian langsung melakukan olahraga berat secara drastis, kemungkinan akan berbahaya bagi tubuh. 

"Tantangan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak pernah melakukan olahraga tersebut sebelumnya, dan ini dapat menyebabkan masalah," ujar Mike Robertson, C.S.C.S., presiden Robertson Training Systems di Indianapolis.

Ia menerangkan, hal ini ibaratnya seperti orang yang tidak pernah bersepeda selama lima tahun, secara tiba-tiba mengambil kelas spin dengan tingkat olahraga yang berat hampir setiap hari selama beberapa minggu. Hal tersebut dapat menyebabkan overtraining. 

"Melakukan olahraga yang seharusnya 2-3 kali dalam seminggu, tiba-tiba jadi latihan olahraga 6-7 kali. Hal ini tidak memberikan waktu pada tubuh untuk beradaptasi terlebih dahulu. Ujungnya, bisa merusak tubuh Anda. Tubuh bisa lelah, lemah, dan luka," tambahnya, seperti dilansir Women's Health.

(Baca juga: Ini Olahraga Sederhana yang Miliki Banyak Manfaat)

Mike menambahkan, bahwa sering kali melakukan posisi dan postur tubuh yang sama dapat menimbulkan rasa sakit dan kaku, sehingga risiko cedera serius lebih tinggi, seperti hernia. Oleh karena itu, keuntungan dari tantangan olahraga berat adalah dengan melakukannya secara rutin. 

"Sekali Anda mengubah aktivitas tersebut menjadi kebiasaan, maka akan sulit untuk mematahkan pola," katanya. Bagi Anda yang tak pernah berkeringat selama beberapa minggu, olahraga ini mungkin bisa menjadi permulaan. 

Selain itu, berolahraga di tempat yang sama juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Ketika pertama kali datang, mungkin Anda akan merasa malu dan cemas karena tak bisa membedakan alat apapun di sana. Namun, setelah beberapa kali pertemuan, Anda akan terbiasa dan percaya diri. 

Perubahan fisik jelas akan Anda rasakan. Namun, penurunan berat badan dan pembentukan otot hanya terjadi pada jenis olahraga tertentu, tergantung dari berapa banyak tenaga yang Anda gunakan dalam setiap sesi dan bagaimana pola keseharian Anda-seperti pola tidur dan asupan makanan. 

"Pengulangan aktivitas tertentu dapat membantu tubuh terbiasa dan memperbaiki jalur-jalur neuromuskuler sehingga menjadi lebih terampil dan efisien," jelasnya.



 


(TIN)