Ketahui Lima Aspek Kecerdasan Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Jul 2018 16:11 WIB
tumbuh kembang anak
Ketahui Lima Aspek Kecerdasan Si Kecil
(Foto: ZME Science)

Jakarta: Pertumbuhan dan perkembangan si kecil berjalan secara beriringan, secara fisik dan emosional. Pada usia awal, yaitu di bawah lima tahun, kedua hal tersebut dapat dimaksimalkan dengan pendampingan dari orang tua.

Berikut adalah lima aspek kecerdasan anak dan cara mengembangkannya menurut penelitian The Early Years Foundation Stages tahun 2007, yang dijelaskan oleh Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia, Alvin Wiradarma, dalam temu media pada Kamis, 12 Juli 2018.

1. Psikomotorik

Kemampuan ini penting untuk perkembangan fisik dan mental anak. Cobalah tingkatkan rasa percaya diri anak supaya kemampuan psikomotor semakin terlatih.

2. Perhatian

Kemampuan ini membuat anak dapat berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas. Bantulah si kecil dengan memberikan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasnya.

3. Bahasa

Kemampuan komunikasi ini penting untuk berinteraksi, belajar, dan bersosialisasi. Orang tua dapat membacakan cerita dan melibatkannya dalam percakapan untuk menambah kosa kata dan berlatih bergaul.

4. Memori

Memori adalah bagian terpenting dalam pembelajaran anak, yang melibatkan pengalaman dan pengetahuan yang didapat. Orang tua dapat mengembangkannya dengan mendengarkan saat anak bercerita dan merespons ingatannya.

5. Penyelesaian masalah

Bantuan dan dukungan yang maksimal dari orang tua dapat membuat kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah dengan baik. Ajarkanlah anak hal-hal baru seperti membuat perencanaam dalam menyelesaikan tugas harian.


 


(DEV)