Tidak Selalu Negatif, Bad Mood juga Punya Dampak Positif

Raka Lestari    •    Minggu, 22 Jul 2018 17:12 WIB
kesehatan mental
Tidak Selalu Negatif, Bad Mood juga Punya Dampak Positif
(Foto: Medical Express)

Jakarta: Suasana hati yang buruk seringkali berdampak pada produktivitas yang menjadi menurun. Namun, apakah suasana hati buruk selalu berkaitan dengan hal negatif?

Menurut penelitian terbaru, suasana hati yang buruk juga memberi sisi positif.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menganalisis 95 peserta. Hasilnya, suasana hati yang buruk justru dapat meningkatkan performa otak, dan membuat orang jadi lebih fokus pada tugas.

"Hasil studi kami menemukan bahwa suasana hati yang buruk dapat mengasah keterampilan seseorang dalam berpikir," ujar Tara McAuley, profesor psikologi di University of Waterloo seperti dilansir Elite Daily.

Hal ini sering terjadi pada individu yang memiliki sifat reaktif yang tinggi, yaitu mereka yang memiliki respons emosional yang cepat dan intens.

Namun, jangan membiarkan suasana hati yang buruk dalam waktu lama. Bagaimanapun, tidak baik untuk kesehatan mental Anda.

Pierce Howard, psikolog kognitif dan penulis buku The Owner's Manual for the Brain menyarankan agar setiap orang menyempatkan diri untuk bersantai untuk melepaskan ketegangan.

Harvard Medical School merekomendasikan yoga sebagai cara yang baik untuk mengatasi kecemasan.


(DEV)