Empat Kebiasaan Sehat Ini Baik Dilakukan di Pagi Hari

Torie Natalova    •    Senin, 02 Jul 2018 12:41 WIB
kesehatan
Empat Kebiasaan Sehat Ini Baik Dilakukan di Pagi Hari
Pakar sangat percaya bahwa duduk dan sarapan di pagi hari dapat membantu makanan dicerna dengan baik. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Memulai tahun yang baru, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk hidup lebih sehat lagi. Pagi hari seakan menjadi waktu penting untuk mengawali kegiatan Anda seharian.

Jika resolusi sehat Anda belum tercapai di tahun lalu, mungkin Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan yang dilakukan kebanyakan ahli gizi khususnya di pagi hari.

1. Minum air hangat dengan lemon dan jahe
Anda mungkin tak menyadari bahwa makanan semalam sangat banyak atau berlemak. Sebagai gantinya, mulailah hari ini dengan cara yang positif yakni minum segelas air hangat dengan jahe segar dan lemon. Ini dapat membersihkan saluran pencernaan, merangsang hati, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

(Baca juga: 3 Makanan yang Buruk untuk Pencernaan Anda)


(Pakar sangat percaya bahwa duduk dan sarapan di pagi hari dapat membantu makanan dicerna dengan baik. Sehingga, masalah pencernaan pun dapat terhindar. Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com)

2. Minum satu sendok teh bubuk mathca (teh bubuk hijau)
Makanan super bergizi ini bisa memberi dorongan besar bagi mereka yang memiliki energi rendah. Mulailah dengan 1/2 sendok teh sehari, dan lanjutkan dengan satu hingga dua sendok teh selama beberapa minggu. Anda bisa menambahkan bubuk matcha ke smoothies.

3. Minum suplemen probiotik
Lebih dari 70 persen sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan. Penelitian juga menunjukkan bahwa keasaman lambung secara alami pada pH4 atau lebih awal di pagi hari, yang merupakan kondisi terbaik untuk bakteri baik dalam makanan bertahan hidup. Karenanya, suplemen probiotik sangat baik dikonsumsi di pagi hari sebelum sarapan.

4. Luangkan waktu 10 menit untuk duduk dan sarapan pagi
Pakar sangat percaya bahwa duduk dan sarapan di pagi hari dapat membantu makanan dicerna dengan baik. Sehingga, masalah pencernaan pun dapat terhindar.




(TIN)