Ini Ciri-ciri Rambut Anak Anda Berkutu

Raka Lestari    •    Kamis, 05 Apr 2018 12:26 WIB
perkembangan anakkesehatan kulit
Ini Ciri-ciri Rambut Anak Anda Berkutu
Karena kutu paling aktif di malam hari, anak-anak mungkin mengalami lebih banyak rasa gatal di malam hari dan mengalami kesulitan tidur. (Foto: Enis Yavuz/Unsplash.com)

Jakarta: Kutu rambut yang terjadi pada anak-anak umumnya membuat sebagian orang tua merasa panik dan khawatir, padahal sebenarnya orang tua tidak perlu panik apalagi khawatir jika anak Anda memiliki kutu rambut.

Hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan tanda-tanda awal dari gejala kutu rambut pada anak-anak Anda. Seperti apa gejala-gejala dari kutu rambut pada anak Anda? 

Berikut ini adalah gejala-gejala kutu rambut pada anak-anak.

1. Menggaruk kepala terus menerus
Salah satu gejala kutu rambut yang paling jelas adalah kulit kepala yang gatal. Sensasi menggelitik adalah hasil dari reaksi alergi terhadap air liur kutu, dan paling umum di sekitar bagian atas kepala, leher, dan telinga. 

Gatal mungkin tidak terjadi selama dua hingga enam minggu setelah infeksi. Anak-anak juga dapat mengatakan ada sensasi yang bergerak-gerak, yang terjadi sebagai akibat dari serangga kecil yang merayap di rambut mereka.

2. Mereka memiliki masalah tidur
Karena kutu paling aktif di malam hari, anak-anak mungkin mengalami lebih banyak rasa gatal di malam hari dan mengalami kesulitan tidur. 

Jika Anda melihat si kecil kesulitan untuk tidur di malam hari, atau mudah marah karena kurang tidur, tak ada salahnya juga untuk memeriksa kulit kepalanya.


(Karena kutu paling aktif di malam hari, anak-anak mungkin mengalami lebih banyak rasa gatal di malam hari dan mengalami kesulitan tidur. Foto: Eye for Ebony/Unsplash.com)

(Baca juga: Apakah Ketombe Rambut dapat Menular?)

3. Anda melihat benjolan merah kecil di leher mereka
Satu lagi dari banyak gejala kutu rambut adalah tanda-tanda iritasi di sekitar leher, kulit kepala, telinga, dan bahu. Benjolan merah di daerah-daerah ini dapat mengisyaratkan adanya goresan yang intens yang kadang-kadang dapat menyebabkan infeksi.

4. Kelenjar getah bening yang membengkak
Jika kulit yang rusak akibat sering menggaruk mengakibatkan infeksi, Anda mungkin akan melihat kelenjar getah bening di belakang telinga anak Anda dan di lehernya menjadi lunak dan bengkak. Konsultasikan dengan dokter Anda jika terjadi hal yang satu ini. Anak Anda mungkin membutuhkan antibiotik.

5. Ketombe yang tidak hilang-hilang
Telur kutu sering dapat muncul pada ketombe. Telur kutu berbentuk oval dan seukuran simpul di benang, mereka biasanya berwarna kuning atau putih dan menempel ke batang rambut sekitar seperempat inci dari kulit kepala.  

"Mereka dapat terlihat seperti butiran pasir dan mereka tidak mudah dikeluarkan dari rambut," ujar Paradi Mirmirani, MD, seorang dokter kulit bersertifikat, kepada Parents. 







(TIN)